Unpad Luncurkan “soft launching” Program Studi Magister Konservasi Laut, di Ajang Festival Membumikan Laut



Bandung, Beritainspiratif.com - Ekshibisi “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa” secara resmi dibuka Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Ir. Nilanto Perbowo, M.Sc., di lapangan parkir utara Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (25/2/2019).

“Ini ajang yang penting diketahui oleh sivitas akademika Unpad,” ujar Nilanto saat diwawancarai di sela pembukaan ekshibisi.

Pada ekshibisi tersebut, KKP RI menampilkan sejumlah teknologi dan produk perikanan karya anak bangsa. Tidak ketinggalan, Unpad juga menampilkan beragam produk dan teknologi di bidang perikanan hasil pengembangan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad.

Selain stan pameran, peserta juga mendapatkan sejumlah informasi mengenai isu-isu yang dikelola oleh KKP RI. Harapannya peserta mengetahui apa saja ruang lingkup KKP RI dan bagaimana perkembangan dunia perikanan dan kelautan Indonesia.

Nilanto menilai, ekshibisi ini menjadi sarana komunikasi efektif kepada masyarakat. Kinerja pemerintah tidak akan ada artinya apabila masyarakat tidak mengetahui apa yang dikerjakan.

“Kita ajak masyarakat untuk hadir, kita bagi pengetahuan kita. Kita juga dengan senang hati akan menjelaskan segala hal,” imbuhnya.

Nilanto juga mengatakan, pengunjung ekshibisi juga diharapkan tidak hanya dari kalangan mahasiswa FPIK saja. Seluruh bidang ilmu di Unpad diharapkan dapat berpartisipasi dalam ekshibisi ini.

“Perikanan tidak hanya berkaitan dengan ilmu sains, tetapi menyentuh aspek sosial, ekonomi, hukum dan politik. Ini penting untuk diketahui semua masyarakat,” ungkap Nilanto yang dilansir laman resmi Unpad.

Kegiatan yang merupakan kerja sama antara KKP RI dan Unpad, Ekshibisi “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa” akan digelar hingga Selasa (26/2). Tidak hanya ekshibisi, akan digelar pula Gelar Wicara (Talkshow) bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad serta sejumlah narasumber.

Gelar Wicara ini dilaksanakan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (25/2/2019). Unpad sendiri melakukan peluncuran awal (soft launching) program studi Magister Konservasi Laut di acara tersebut.

(Yanis)

Berita Terkait