Unpad Hadir Pada "Education Expo 2019" di SMAN 20 Kota Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 20 Kota Bandung menggelar kegiatan “Education Expo 2019", kegiatan tersebut diisi pula dengan sosialisasi dari Unpad seputar penerimaan mahasiswa baru dan lainnya, yang disampaikan oleh Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran Syauqy Lukman, M.S.M., yang digelar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 20 Kota Bandung, Rabu (9/1/2019).

Kepala KKP Unpad Syauqy Lukman, M.S.M., menyampaikan sejumlah presentasi terkait Unpad dalam acara gelar wicara yang diikuti sejumlah peserta. Ia menyampaikan, Unpad memberi perhatian besar bagi masyarakat Jawa Barat untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi, ungkapnya yang dilansir dari laman resmi Unpad.

Komitmen ini diwujudkan dengan adanya program “Unpad Nyaah ka Jabar”, yaitu program afirmasi bagi pelajar dari 27 Kota dan Kabupaten di Jabar untuk bisa berkuliah di Unpad. Setiap program studi ideal akan diisi 2 calon mahasiswa per kota/kabupaten.

Unpad juga memberikan porsi yang lebih besar pada prodi tertentu sesuai tingkat kebutuhan di setiap kota/kabupaten. Sebagai contoh, jika suatu kabupaten membutuhkan kontribusi di sektor perikanan, maka porsi calon mahasiswanya akan lebih banyak di prodi Perikanan.

Tidak hanya afirmasi, program “Unpad Nyaah ka Jabar” kemudian berkembang lebih lanjut menjadi “Aliansi Strategis Unpad-Jabar (ASUP Jabar). Program ASUP Jabar merupakan program unggulan Unpad dalam mendukung kemajuan setiap wilayah di Jabar.

“Unpad itu Jawa Barat banget, mulai dari didirikannya oleh para tokoh Jabar, memiliki program unggulan ASUP Jabar juga Program Unpad Nyaah Ka Jabar. Itulah yang jadi pembeda dari perguruan tinggi lain,” ujar Syauqy.

Dalam acara gelar wicara tersebut, Syauqy juga mendorong agar para siswa dapat menentukan minat terlebih dahulu sebelum memilih program studi di perguruan tinggi.

Selain menjadi pembicara dalam gelar wicara, tim KKP Unpad berpartisipasi dalam sesi presentasi dalam kelas yang diikuti para siswa kelas XII program Matematika dan Ilmu Alam maupun Ilmu Sosial.

Tim KKP juga hadir dalam stan yang disediakan panitia. Para mahasiswa Unpad alumni SMAN 20 ikut hadir dalam stan ini.

Ketua pelaksana kegiatan, Dra. Euis Sopiah mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan berbagai informasi seputar perguruan tinggi kepada siswa kelas XII dengan cepat dan mudah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr. Dewi Sartika.

(Yanis)

Berita Terkait