Unikom Bandung Raih Prestasi Ciptakan Alat Bantu Bagi Tunanetra

Bandung, Beritainspiratif.com – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dari karya Aplikasi ‘Navigasee’ karya Divisi CodeLabs Unikom sukses meraih Juara 2 di ajang lomba Co Creation bertajuk “Smart Solution for Smart City” yang telah digelar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jawa Tengah, Jumat (12/10/2018).

Berdasarkan rilis yang diterima Beritainspiratif.com, Kamis (8/11/2018) aplikasi ini adalah alat yang membantu tunanetra dalam menggunakan transportasi umum seperti contohnya angkutan umum, masuk ke dalam kategori ‘public transportation’ dan berkesempatan melaju ke final bersama empat tim lainnya dari kalangan start up, profesional, dan sejumlah dinas terkait.

Memasuki babak final, setiap tim hanya diberikan waktu presentasi maksimal 5 menit dengan sesi tanya jawab 4 menit untuk memperkenalkan produknya. Seperti halnya Navigasee yang memiliki sejumlah fitur, antara lain:

1) Penyandang Tunanetra (Pilih Rute Tujuan, Meminta Bantuan, Navigasi);

2) Sobat Navigasee; dan

3) Supir.

Aplikasi ini merupakan buah dari tangan-tangan kreatif Divisi CodeLabs, yakni Satria Adi Putra, Lukmannudin, Tioreza Febrian, Ivan Rivaldi, dan Anisa Dewi, dibawah bimbingan Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T, dan Dian Dharmayanti, S.T., M.Kom selaku Ketua dan Wakil Ketua Divisi CodeLabs.

Kompetisi Co Creation sendiri ditujukan untuk mencari ide dan gagasan guna menghasilkan solusi permasalahan di suatu daerah. Ide yang diusung berupa gerakan atau produk inovasi yang penerapannya dengan cara kerjasama dengan tema terkait.

Kompetisi ini diadakan oleh C-Gen 2018 atau C-Generation yang merupakan komunitas anak muda dengan generasinya terutama pada era informasi yang didukung dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat. Pemanfaatan TIK membawa perubahan dan membuka kesempatan baru dan luas bagi kalangan muda untuk berkarya dan berekspresi.    (Yanis)

Bagikan: