Unik..! Tadarus di Masjid Agung Banyuwangi Ini Gunakan Alquran Ukuran Raksasa



Banyuwangi, Beritainspiratif.com - Di Masjid Agung Baiturahman, Banyuwangi, tiap Ramadhan. Tadarus di masjid itu menggunakan Al-Qur'an raksasa berukuran 2 x 1,5 meter. Beratnya bahkan mencapai 4 kuintal. Kegiatan Tadarus dengan Alquran raksasa ini sudah berlangsung sejak Ramadhan tahun 2011 dan sampai saat ini Alhamdulillah masih berjalan. Demikian disampaikan Sekretaris Yayasan Masjid Agung Baiturahman, Banyuwangi, Iwan Azis Siswanto, Kamis (9/5/2019) yang dilansir dari Liputan6.com

Karena ukurannya yang besar, pembaca alquran raksasa ini dibentuk semacam tim khusus tadarusan dengan seorang koordinator. Biasanya tim pembaca alquran berjumlah 7 orang setiap malam.
Selain tim pembaca alquran, ada dua orang yang khusus bertugas untuk membuka lembaran alquran raksasa. Sehingga, pembaca alquran tidak perlu membuka lembaran alquran.

"Insyaallah tadarus dengan Alquran raksasa ini akan terus kita laksanakan sampai malam 27 Ramadan. Setiap malam kita membaca 2 sampai 3 juz. Sampai malam 27 Ramadan bisa khatam sampai 3 kali," terangnya.

Alquran raksasa ini sudah berada di Masjid Agung Baiturahman sejak Ramadan 2011. Tepatnya malam ke-27. Alquran berukuran jumbo ini merupakan hibah dari H Abdul Karim, warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Dia merupakan penulis Alquran tersebut.

"Ditulis selama 6 bulan lebih. Alquran ini merupakan tulisan tangan dengan memakai tinta dan kertas khusus yang didatangkan dari Jepang. Memang H. Abdul Karim nazar akan menyumbangkan Alquran ini ke Masjid Baiturahman," ungkapnya.

Alquran raksasa ini hanya dibaca pada bulan Ramadan yakni usai salat tarawih hingga pukul 22.00 WIB. Namun tidak menutup kemungkinan momentum kegiatan yang lain juga dibaca seperti pada acara sya’banan.

Agar tetap terjaga dengan baik, alquran raksasa ini dirawat dan dibersihkan secara berkala. Sehingga kondisi tulisan dan warnanya tetap bagus sampai hari ini.

Koordinator tim Semaan alquran raksasa, Ahmad Rifai menyatakan, kalau membaca alquran kecil sudah biasa, tapi kalau alquran raksasa luar biasa.

Jika belum terbiasa membaca alquran raksasa ini menurutnya akan terbata-bata saat membacanya.

"Kalau sudah terbiasa Insyaallah jalan sendiri. Karena ukuran alqurannya besar semakin semangat. Karena membacanya setahun sekali," pungkasnya.

[Yanis]

Berita Terkait