Unik ! Bukan Asli Cirebon, Namun Sambutan Pj Bupati Ini Gunakan Bahasa Cerbon

Cirebon,Beritainspiratif.com – Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke 537 biasanya kental sekali dengan suasana Cirebonan, dari mulai pakaian yang dikenakan baik dari eksekutif maupun legislatif juga tamu undangan lainnya, menggunakan pakaian adat Cirebon.

Selain mengenakan pakaian khas Cirebon, dalam pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa juga menggunakan bahasa Cirebon halus (Bebasan.red) dalam setiap sambutan oleh pemangku kepentingan.

Pada hari jadi ke 537 kali ini, Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi, yang kebetulan bukan asli Cirebon, namun faseh membacakan pidato dengan menggunakan bebasan. Sukses membacakan pidato dengan menggunakan bebasan, Pj Bupati pun mendapat sambutan yang luar biasa dari tamu undangan.

“Saya belajar cuma satu hari bahasa Cirebon, dan alhamdulilah berhasil,” ujar Pj Bupati, Kamis (2/4/2019).

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, R Chaidir Susilaningrat, mengapresiasi upaya yang dilakukan Pj Bupati untuk membacakan pidato dalam rangka hari jadi Kabupaten Cirebon dengan menggunakan bebasan.

“Pak Pj Bupati kan aslinya bukan orang Cirebon, tapi beliau (Pj Bupati.red) bisa membacakan pidato dengan menggunakan bahasa Cirebon atau bebasan, kami bangga sekali,” ujar Chaidir.

Chaidir berpesan kepada generasi muda khususnya untuk terus melesarikan bebasan ini dengan baik, karena bebasan ini adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan, dan ke depan bebasan bisa menjadi kebanggan Cirbebon.

(Dekur)

Bagikan: