Unggul 2-0 Lawan Persis Solo, Pelatih Persib Gunakan Formasi Eksperimen 4-4-2



Solo, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo  usai  meresmikan Stadion Manahan, Solo,  bersama Ibu Negara Iriana dan cucunya, Jan Ethes Srinarendra menyaksikan laga perdana Persis Solo vs Persib Bandung, Sabtu malam (15/2/2020).

Dalam pertandingan tersebut hasil akhir laga Persib Bandung vs Persis Solo berakhir dengan keunggulan Persib dengan skor 2 - 0.

Gol Persib dicetak oleh pemain muda Beckham Putra, di menit ke-11 dan Zulham Zamrun lewat titik penalti empat menit setelah gol pertama.

Gol indah Beckham Putra dihasilkan setelah memanfaatkan peluang saat posisi kiper Persis Solo terlalu di depan gawang.

Sementara gol kedua dihasilkan Zulham Zamrun melalui titik penalti ini setelah pemain Persib, Beni Oktovianto, dijatuhkan di kotak penalti  pada menit ke-15.

Dalam laga Persis vs Persib, pelatih Persib Robert Rene Alberts kembali melakukan eksperimen dengan menggunakan formasi 4-4-2 pada laga  yang berlangsung di Stadion Manahan, Sabtu (15/2/2020) malam WIB.

https://youtu.be/xIFvZj-iDjY

Sekilas tidak ada yang aneh dalam pemilihan formasi tersebut. 4-4-2 merupakan formasi yang jamak dipakai pelatih. Namun, ada satu hal yang menjadi sorotan.

Sorotan itu tertuju pada pemilihan empat pemain bertahan di lini belakang Persib. Robert Alberts hanya memakai satu bek sentral murni di lini belakang, yakni Fabiano Beltrame, dan sisanya adalah bek sayap.

Bek naturalisasi asal Brasil itu ditandemkan dengan Henhen Herdiana di jantung pertahanan. Henhen merupakan pemain yang biasa beroperasi sebagai bek sayap kanan, tetapi pada laga ini dipasang sebagai bek tengah.

Peran Henhen diemban Mario Jardel, sementara di posisi bek sayap kiri ada Zalnando. Komposisi itu terbilang unik karena seolah-olah Persib hanya bermain dengan satu bek saja di lini belakang.

Hal tersebut pun diakui Robert Alberts dalam sesi konferensi pers setelah pertandingan.

"Saya pikir kami telah menciptakan sebuah sistem taktik baru dalam sepak bola," kata Robert Alberts kutip Antara.

Setelah ini, Persib dijadwalkan kembali melakoni laga uji coba melawan PSS Sleman pada Senin (17/2/2020). (*)

Berita Terkait