Undip Pecahkan Rekor MURI "Pengasapan Ikan Cakalang dengan Asap Cair"



Semarang, Beritainspiratif.com - Rekor MURI baru akan dipecahkan oleh Undip Semarang dengan melakukan "Pengasapan Ikan Cakalang Pertama dengan Asap Cair" yang akan berlangsung di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Semarang pada Sabtu (13/10/2018).

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis Perikanan Undip yang ke-50.

Demikian disampaikan oleh ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Ir. Herry Boesono, M.Pi yang juga didampingi oleh alumni Perikanan Undip diantaranya Dr. Fajar Basuki dan Widodo Farid Makhruf di gedung C Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FKIP) Undip pada Kamis (11/10/2018) yang dilansir dari Kantor Berita Antara.

Ikan Cakalang merupakan sejenis ikan Tuna yang banyak ditemukan di lautan Ambon.

Ikan ini mengandung histamin tinggi yang merupakan satu diantara komponen kimia yang menyebabkan alergi.

Tetapi dengan pengasapan cair, ikan cakalang ini akan menjadi aman untuk dikonsumsi.

"Asap cair tidak mengandung racun dan sesuai standar kesehatan. Zat-zat yang berbahaya akan menjadi aman jika diberi asap cair. Tidak banyak senyawa kimia seperti ini," ujar Widodo Farid Makruf, Ketua Dewan Penasehat Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu).

Dia menjelaskan, nantinya ikan yang disediakan adalah sebanyak 300 ikan dan akan dijejer sepanjang 50 meter, dengan berat keseluruhan ikan mencapai 200 kg.

"Hal Ini akan memecahkan rekor MURI pertama di Indonesia karena sebelumnya belum pernah ada," katanya.

Selain itu, terdapat pula kegiatan lain yakni Gerakan Memasak ikan Cakalang (GEMILANG) dan penyerahan penghargaan Kerapu Award.

"Penyerahan Kerapu Award Untuk Dosen atau orang yang telah berjasa dalam penangkapan, Budidaya, Pengelolaan Hasil Perikanan, dan Konservasi Ikan Cakalang," jelasnya.

Acara Dies Natalis ini akan ditutup dengan malam Gebyar Kerapu, yang akan dimeriahkan dengan hiburan yang menghadirkan artis ibukota antara lain D'Bagindas, Tiwi T2, Tommy Kurniawan, Said Bajuri, Irfan & Herman "Seventeen".      (Yanis)

Berita Terkait