Uji Coba Sensus Penduduk 2020 Dilaksanakan di Wilayah Kelurahan Sukamiskin Bandung

Bandung, Beritainspiratif.com – Bertempat di aula Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung telah digelar sosialisasi dan koordinasi uji coba Sensus Penduduk 2020 Metode Kombinasi yang dihadiri seluruh Ketua RW (1 sampai 17) Sukamiskin, pada Rabu, (30/1/2019).

Dalam acara tersebut Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Jabar Gandari Adianti menyampaikan bahwa tujuan pertemuan ini adalah dalam upaya meminta dukungan kepada aparat terkait mulai dari SKPD, Dinas Instansi terkait, dari aparat Camat, Lurah, RT, RW dalam rangka ujicoba Sensus Penduduk 2020 yang ke-2.

Pada uji coba pertama dilakukan kunjungan lapangan door to door dalam rangka pencarian data, lalu pada uji coba ke-2 ini kepada warga diminta untuk meng-update kependudukan sendiri melalui website https://sensus.bps.go.id atau disebut “Metode Kombinasi”, serta menyebarkan link tersebut kepada keluarga, warga, komunitas dan lainnya (blasting), ujarnya.

Nantinya BPS juga akan melakukan kunjungan ke warga yang belum melakukan update data, disamping akan disiapkan juga kendaraan keliling bagi warga yang akan melakukan update data di Kelurahan Sukamiskin, lanjutnya.

Terkait data penduduk yang digunakan yang ada pada Diskdukcapil, BKKBN dan BPS, Ari menjelaskan bahwa tujuan Sensus Penduduk 2020 ini adalah untuk menciptakan 1 (satu) data kependudukan Indonesia melalui kerjasama dengan Kemendagri.

Terkait alasan pemilihan Kelurahan Sukamiskin sebagai Pilot Project, Tim BPS menyampaikan beberapa alasan diantaranya keberagaman agama, factor wilayah, level socio ekonomi masyarakat yang lengkap, Lapas yang secara konsep BPS merupakan penduduk Sukamiskin ( de facto) dan lainnya, menjadikan alasan tersebut, tuturnya.

Tentang Sensus Penduduk 2020 dengan Metode Kombinasi mengandung prinsip bahwa data registrasi dan administrasi akan dijadikan sebagai sumber data utama BPS.

Ruh utama dari pada Sensus Penduduk 2020 nantinya tetap ada yakni menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Sehingga nantinya pada tahun 2020 akan didapat titik jumlah penduduk Indonesia dan distribusinya (umur, jenis kelamin)

Pelasaksanaan Update data bagi warga Sukamiskin nantinya akan ada posko yang terdiri dari 10 orang petugas yang stand bye di Kelurahan dan di RW yang akan membantu selama seminggu mulai 2 Februari sampai 8 Februari 2019.

Nantinya petugas BPS bersama Ketua RT (minimal 2 orang) datang ke warga untuk melakukan verifikasi data yang sudah di update oleh warga, yang akan terlihat di sistem BPS.

Nantinya kepada Ketua RT atau yang ditugaskan akan diberikan pelatihan tentang pelaksanaan verifikasi tersebut, pada Jumat, (1/2/2019), ungkapnya.

Bagi warga yang tidak bisa datang, dapat melakukan update melalui link : https://sensus.bps.go.id

Ditambahkan bahwa saat ini dari 24 ribu warga Sukamiskin sebagai wilayah uji coba baru 130 warga yang melakukan update data per (30/1/2019).

Untuk itu kepada Ketua RT RW diminta untuk mendorong warganya melakukan update data, melalui fasilitas yang ada tersebut, pungkasnya.

(Yanis)

Bagikan: