UIN Malang Satu-Satunya UIN yang Berani Menggelar Deklarasi Antikorupsi



Malang, Beritainspiratif.com – Dengan diinisiasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Malang, deklarasi antikorupsi bersama yang dihadiri Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Abdul Haris, Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) digelar dalam acara roadshow Perkumpulan BHACA se-Pulau Jawa-Bali yang singgah di UIN Malang, Rabu (19/9/2018). Dari laman UIN Malang.

Deklarasi antikorupsi dibacakan oleh Ketua BEM UIN Malang Naufal Ardiansyah dan diikuti oleh 500-an mahasiswa di Gedung Sukarno UIN Malang.

Turut Hadir Penasehat KPK Budi Santoso, Dewan Pengurus Harian Perkumpulan BHACA Shami Ranti, serta Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo.

"Kami bangsa Indonesia, bertekad membebaskan Indonesia dari korupsi," demikian penggalan deklarasi yang dibacakan Naufal.

Deklarasi ini menjadikan UIN Malang satu-satunya universitas Islam negeri yang menerima tawaran BHACA untuk menggelar diskusi antikorupsi dan hanya UIN Malang yang 'berani' menggelar deklarasi antikorupsi.

Haris mengatakan, UIN akan meminta pendampingan KPK dalam pengawasan pembangunan gedung baru berbentuk tulisan Arab "Bismillah" seluas 100 hektare di wilayah Batu, Malang.

Ke depan akan ada MoU antara UIN dan KPK, agar kampus ini bebas dari korupsi.

Penasehat KPK Budi Santoso mengatakan, peningkatan korupsi di Indonesia harus menjadi perhatian bersama. KPK tidak bisa bekerja sendirian, karena kekurangan sumber daya manusia. Untuk negara sebesar Indonesia, sedangkan KPK hanya memiliki staf 1.527 orang. Untuk itu saya berharap pastisipasi masyarakat, terutama kampus, dalam pemberantasan korupsi ini," ujarnya.

Selain deklarasi, acara diskusi musikal menghadirkan band Sisters In Danger yang membawakan lagu-lagu Iwan Fals yang berisi sindiran terhadap perilaku buruk para pejabat pun dimainkan, seperti Wakil Rakyat, Bongkar, Bento, dan Bung Hatta tokoh panutan yang akan meneruskan inspirasinya dan saya berharap Bung Hatta kecil akan lahir di Malang," stutur Shami.

Yanis

Berita Terkait