‘Udang Galak’ Hantarkan Indramayu Raih Juara 3 LCM

Indramayu,Beritainspiratif.com – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Bongas berhasil menyabet juara 3 pada Festival Pangan Lokal Lomba Cipta Menu (LCM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 yang diselenggarakan di Halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (13/08/2019).

Keberhasilan Indramayu menyabet juara 3 ini karena kepiawaian dalam mengelola bahan baku pangan lokal menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis lebih tinggi. Salah satu andalan Kabupaten Indramayu yakni olahan tepung dan udang yang diberi nama trademark ‘Udang Galak’ dan olahan Bonggol Pisang atau ‘Bongsang’.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda, menjelaskan, secara umum banyak sekali jenis olahan pangan lokal dari Kabupaten Indramayu yang bisa dikembangkan.

Dengan memanfaatkan bahan baku disekitar tempat tinggal dan telah melalui proses produksi yang sederhana, kini bahan baku local tersebut telah bernilai lebih ekonomis dan sangat bermanfaat bagi pengrajinnya.

“Bahan baku disekitar kita ini dengan mudah diproduksi oleh ibu-ibu PKK, tentu saja ini sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing,” kata Erpin.

Rencananya para pemenang Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Jawa Barat akan memperoleh penghargaan pada puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 yang akan digelar di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bongas, Sukma Citra Pertiwi mengatakan, selain Udang Galak, dan Bongsang, dalam lomba tersebut juga dihadirkan olahan bahan makanan lainnya seperti Makaroni Galak, Rahayu Kerupuk Ikan dan Bananas.

“Alhamdulilah, olahan makanan kita mampu diapreasiasi oleh dewan juri meskipun saat ini kita baru juara 3,” kata Citra. (Yones)

Bagikan: