Turnamen Catur "Piala Ketua DPR RI" Catat Rekor MURI Peserta Terbanyak



Jakarta, Beritainspiratif.com - Untuk mengasah kemampuan pecatur serta apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atas kenaikan peringkat Indonesia di Federasi Catur Dunia, Ketua DPR bersama Komunitas Pecinta Catur Indonesia menyelenggarakan Turnamen Catur Terbuka.

Turnamen digelar dalam rangka memperebutkan Piala Ketua DPR serta hadiah uang tunai, yang diikuti oleh 1.042 peserta dari berbagai daerah dan kalangan diikuti oleh ribuan peserta Turnamen yang bertajuk "Piala Ketua DPR RI" itu digelar di Gedung Nusantara III, Kompleks DPR RI, Sabtu (23/3/2019).

Turnamen mempertandingan sistem Swiss 6 babak dibagi dalam 8 kategori pertandingan melibatkan138 peserta Master, 54 peserta dari Parlemen, 568 peserta nonmaster, 92 peserta junior usia 12 tahun, 54 peserta junior usia 16 tahun, 64 peserta wanita dan wasit, serta 72 peserta veteran berusia 55 tahun.

Turut hadir dalam acara itu mulai dari Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua PB Percasi GM Adianto, Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana, Wakik Ketua DPR Fadli Zon, dan Anggota DPR Fraksi NasDem Taufiqulhadi.

Dilansir dari laman MURI, penyelenggaraan Turnamen ini mendapatkan penghargaan dari MURI dengan katagori jumlah peserta terbanyak dari berbagai kategori usia, atas nama rekoris H. Bambang Susatyo, S.E., MBA., Ketua DPR RI, Ir. Indra Iskandar, M.Si., Sekjen DPR RI dan H.M Hatta Taliwang, M.IKom.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, mengatakan pihaknya awalnya menargetkan hanya 1.000 peserta dalam turnamen tersebut. Namun, jumlah peserta yang hadir melampaui jumlah yang ditargetkan.

"Dari seluruh Indonesia. Jadi saya tadi meninjau ke belakang, keliling. Jadi mereka (peserta) terbanyak dari Jabodetabek. Tapi ada juga yang dari Aceh, Riau, Ambon, dan hampir seluruh daerah di Indonesia hadir di sini. Ada 1.050 lebih ada di sini. Sebenarnya target kita seribu, tapi ini melampaui target kita," ujarnya.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, tujuan diselenggarakannya turnamen catur ini merupakan upaya menciptakan kedamaian di tengah situasi politik yang memanas. Ia pun berharap, turnamen ini dapat rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Saya kira turnamen ini diselenggarakan di tengah-tengah hiruk pikuk politik yang makin memanas. Saya berharap ini bisa menciptakan suasana baru dengan kegiatan semacam ini. Sehingga fokus perhatian publik maupun para timses yang sedang berkontestasi," papar Bamsoet.

"Saya berharap bisa memacu DPR untuk bisa terus mengadakan secara rutin turnamen ini sampai periode yang akan datang," tambahnya.

Sementara, Ketua MURI Jaya Suprana mengapresiasi DPR RI atas terselenggaranya turnamen ini. Baginya, tujuan turnamen ini dapat menciptakan kondisi hangat di tengah-tengah tahun politik yang sedang berlangsung.

"Saya bahagia dan bangga menjadi bangsa Indonesia, terima kasih, betapa catur dapat mempersatukan bangsa Indonesia ini," tandasnya.

(Yanis)

Berita Terkait