Tugu Bola Dunia di Majalengka, Simbol Mendunia Melalui Bandara Kertajati

Majalengka, Beritainspiratif.com – Di Penghujung tahun 2019 Kabupaten Majalengka mempersembahkan tugu Bola Dunia  yang menjadi pusat perhatian masyarakat yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka sebagai persembahan di tahun baru 2020.

Tugu bola Dunia tersebut, berada di daerah munjul yang berdiri tegak menggantikan Tugu ikan patin yang biasa dilihat dan dilewati oleh masyarakat Majalengka ketika berada di bundaran munjul, diresmikan oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi, Selasa (31/12/2019).

Selain akan mempercantik Kabupaten Majalengka, pembuatan Bola Dunia tersebut, sejalan dengan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati Majalengka, yang diharapkan Majalengka akan dapat mendunia.

“Lihat BIJB Kertajati. Majalengka akan lebih mengglobal lagi. Pakai (simbol) bola dunia berputar,” Ujar Bupati Majalengka Karna Sobahi

Seperti dikutip dari berbagai sumber di Instagram, keberdaaan  Bola Dunia itu mirip dengan Bola Dunia Universal Studio yang ada di Singapura. Namun yang ini pada bagian tubuh Bola Dunia itu dilengkapi dengan peta dan tulisan Majalengka.

Disampaikan Bupati Majalengka, Karna Sobahi biaya pembuatan tugu Bola Dunia itu telah menghabiskan dana sekitar Rp 5 miliar dari APBD sudah termasuk untuk pembuatan taman di sekitar bundaran tersebut.

“Ini dari APBD kita, Rp 5,2 miliar untuk bundaran dan taman. Ini belum selesai,” ujar Karna Sobahi seusai peresmian hasil-hasil Pembangunan Kabupaten Majalengka Tahun 2019, Selasa (31/12/2019) ungkap antara.

Lebih lanjut Karna Sobahi mengatakan, ada yang belum selesai dalam pembuatan tugu Bola Dunia yakni Salah satunya pencantuman visi Majalengka di tubuh Bola Dunia tersebut.

“Bola nanti dikelilingi dengan huruf, Majalengka Raharja. Itu kan terlihat masih bolong-bolong,” ucapnya.

Dibuatnya tugu Bola Dunia tersebut bermula saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Kabupaten Majalengka dan menanyakan makna tugu ikan yang ada di Bunderan Munjul itu.

Pemkab Majalengka pun mengubah tugu ikan menjadi tugu Bola Dunia agar lebih mendunia dengan kehadiran BIJB.

Walaupun sampai sekarang ini tunggu bola dunia masih belum selesai dan dalam tahap penyelesaian, akan tetapi bola dunia yang menjadi ikon di bundaran Munjul yang menghubungkan antara Kabupaten Kuningan majalengka dan Bandung sudah terlihat sangat megah dan sudah banyak dari masyarakat yang berfoto selfie dikarenakan sangat fotogenik.

Ketika melihat Tugu bola dunia tersebut, maka masyarakat akan melihat tepat di bagian tubuh bola dunia sudah dilengkapi dengan peta dan ada tulisan Majalengka. Selanjutnya ada beberapa tulisan yang nantinya melekat di tubuh bola dunia yang menjadi ikon terbaru di Kabupaten Majalengka ini, salah satunya di bawah tulisan Majalengka akan ada tulisan majalengka Raharja.

Yanis

Bagikan: