Tradisi Lebaran di Turki



Beritainspiratif.com - Turki adalah negara Islam modern yang saat ini diakui dunia sebagai negara maju dengan segala perkembangan jaman dan pembangunan pesat di negara ini. Salah satu hal unik yang tidak pernah absen dari negara beribukota Istanbul ini adalah festival gula atau seker bayram. Seker Baryam sendiri merupakan sebutan lain untuk menyebut hari Raya Idul Fitri disana.

Pada saat itu, orang-orang Turki akan mengantarkan manisan ke tetangga-tetangga dekat mereka sambil melakukan sungkeman. Tradisi sungkeman sendiri mirip dengan tradisi silaturahmi yang dilakukan di Indonesia. Bedanya, mereka selalu membawa keranjang untuk dihantarkan pada tuan rumah. Sementara di Indonesia sendiri tuan rumahlah yang akan menjamu tamu yang datang.

Di Turki sendiri tradisi seperti ini amat disenangi oleh anak-anak. Karena pada saat ini orangtua mereka akan mengizinkan mereka makan makanan manis sesuka hati mereka. Namun demikian, makanan pelengkap lain pun selalu hadir menghiasi meja makan dengan hidangan makanan mewah yang mereka sajikan. (Yanis)

Sumber : ketahui.com

Berita Terkait