TPS Unik Pada  Pilkada 2018 di Kota Bandung dan Daerah Lainnya



Beritainspiratif.com - Pilkada Serentak yang dilakukan di 171 daerah di seluruh Indonesia. 171 daerah peserta Pilkada Serentak 2018 terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Berkenaan dengan itu, Pemerintah Kota Bandung bersama KPU menyelenggarakan lomba tempat pemungutan suara (TPS) unik dengan menyiapkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp10 juta untuk pemenang pertama.

Hadiah itu disediakan sebagai penyemangat dan mendorong kreatifitas di setiap TPS. Jadi silakan buat sekreatif mungkin agar menarik," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Bandung, seperti dikutip Antara.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Pemkot bersama KPU akan memilih tiga TPS terunik yang memiliki ciri khas dan tema. Untuk pemenang kedua, akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta dan Rp2,5 juta untuk pemenang ketiga.

Ada tiga kategori penilaian yakni, dekorasi TPS, partisipasi pemilih, dan keterjangkauan KPU bagi pemilih difabel.

Lomba TPS tersebut sebagai upaya dukungan dari Pemkot Bandung untuk menyukseskan Pilkada 2018. Juga sebagai daya tarik bagi para pemilih untuk bersemangat menggunakan hak suaranya datang ke TPS.

Beberapa TPS yang unik di kota Bandung dan sekitarnya sebagai berikut :

1. TPS Superhero

Tiga superhero Iron Man, Captain America, dan Batman terlihat di TPS dekat rumah botol cagub Ridwan Kamil, Jalan Cigadung Selatan 7, Kota Bandung, Rabu (27/6/2018). Ketiganya diundang KPU untuk datang ke TPS. Bukan tokoh sebenarnya, namun mereka adalah para cosplayer yang sering diundang ke berbagai acara.Mereka juga pernah menjadi cosplayer pada kampanye seorang cagub Jabar.

2. TPS Toleransi

Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan ‎Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung mengusung tema toleransi antar umat beragama di Pilkada Kota Bandung dan Gubernur Jabar 2018.

Mengutip Tribun Jabar, TPS dengan daftar pemilih tetap sebanyak 269 ini berada di tengah pusat peribadatan, masjid, vihara dan gereja, Rabu (27/6/2018).

Panitia KPPS pun mengenakan seragam bertema pakaian tradisional Sunda, Jawa hingga Mandarin. Kampung ini kerap disebut Kampung Toleransi, sehingga TPS tersebut dinamakan TPS Toleransi. Warga lokal menggunakan pakaian tradisional Sunda dan warga lokal keturunan Tionghoa mengenakan pakaian tradisional mandarin.

Seorang warga, Neni (46) mengaku datang ke TPS dengan terpukau karena TPS dihias begitu menarik."Ini TPS menarik, ada ornamen payung, panitia KPPS nya juga beragam, ada yang pakai pakaian tradisional Sunda, Jawa hingga Mandari.

3. TPS Karnaval

Tempat Pengumutan Suara (TPS) RW 03, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), ini juga unik.

Ruang terbuka di tempat ini 'disulap' menjadi Kampung Karnaval Pilkada.

Setidaknya ada 5 TPS yakni TPS 10, TPS 11, TPS 11, TPS 12, TPS 13 dan TPS 14 yang dijadikan satu di Kampung Karnaval Pilkada yang tepatnya berada di Jl Nenas Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Tidak seperti TPS biasa yang hanya berupa tenda dan suara, disini pemilih dapat merasakan layaknya seperti berada dalam kernaval.

Begitu memasuki area TPS, warga langsung disambut alunan live music dan badut yang menari-nari.

Para Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap TPS pun mengenakan topi unik untuk menambah daya tarik acara.

4. TPS Berjajar

Tak ada desain maupun tema khusus pada TPS ini. Tampilannya biasa, busana para panitia juga biasa saja. Nah, yang unik adalah penempatan TPS-TPS di Villa Mutiara Cikarang, Cikarang Selatan menjadi satu sehingga ada yang menyebutnya mirip pasar kaget.

Ada 9 TPS yang ditempatkan pada satu lokasi di tempat ini.

5. TPS LAPAS ANAK SUKAMISKIN

Lurah Sukamiskin Farida Agustini, menyampaikan bahwa di Lapas Sukamiskin yang berada di wilayah RW 17 Kelurahan Sukamiskin Kec.Arcamanik Kota Bandung, pada Pilkada Serentak 2018 berdiri 3 (tiga) TPS terdiri dari TPS 51 Lapas Sukamiskin Kelas 1. TPS 52 Lapas Wanita dan TPS 53 Lapas Anak.

Piala dunia yang tengah berlangsung, telah menginspirasi pembuatan TPS 53 Lapas Anak, sehingga ditengah tengah TPS ini di desain sebagai lapangan bola lengkap dengan gawangnya serta pernak perniknya.

DAERAH LAINNYA

TPS yang unik akan menarik minat warga dalam menggunakan hak pilih pada Pilkada serentak 2018, mulai dari TPS Hantu di Semarang hingga TPS penuh doorprize kambing di Tuban. keunikan pelaksanaan Pilkada Serentak dari berbagai daerah di Indonesia, yang dipublish oleh tribunnews.com dan pikiran rakyat.com adalah sebagai berikut :

1. TPS Perpustakaan

Menunggu antrean menggunakan hak pilih di TPS ini bisa jadi akan menambah wawasan Anda.

Deretan buku sengaja disediakan untuk dibaca para warga yang datang ke TPS.

Mengutip akun Twitter @radio_kotabatik, TPS unik ini adalah TPS 06 Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Pekalongan, Jawa Tengah.

 

 

2. TPS Piala Dunia

Pemandangan unik juga terjadi di TPS 28, Jalan Sentosa III, RT30, Kelurahan Sei Pinang Dalam, Sungai Pinang, Samarinda.

Di TPS ini dihiasi ornamen Piala Dunia 2018, dengan memasang bendera peserta Piala Dunia di Rusia.

Selain memasang bendera peserta Piala Dunia di dinding TPS, juga dipasang di meja kotak suara, meja bilik suara, serta meja petugas KPPS.

Tak hanya bendera peserta Piala Dunia saja, namun syal klub Liga Indonesia juga terpajang disejumlah dinding TPS.

Bahkan, petugas KPPS serta saksi menggunakan jersey klub sepak bola, serta jersey negara peserta Piala Dunia, termasuk beberapa warga juga menggunakan jersey sepak bola saat menyumbangkan suaranya.

TPS 28 dengan tema Piala Dunia 2018, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang hendak mencoblos, Rabu (27/6/2018). (Tribun Kaltim/Christoper Desmawangga)

3. TPS Full Doorprize

Salah satu TPS unik selanjutnya adalah TPS di Dusun Tlogowaru, Kecamatan Marakurak, Kabupaten Tuban. Tak hanya unik, warga yang datang ke TPS ini bisa jadi menjadi orang yang beruntung. Bagaimana tidak, di TPS ini tersedia beragam doorprize bagi warga.Mulai dari sembako, alat dapur hingga kambing.

Asyik ya!

4. TPS Wayang

TPS 27 RW 13 Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat ini juga tak kalah unik.

Semua petugas di TPS ini mengenakan busana layaknya wayang demi mengangkat "Kampung Budaya dan Seni".

5. TPS Pernikahan

Salah satu TPS di Makassar terlihat cukup unik.

TPS ini dihiasi pernak-pernik pernikahan adat Bugis Makassar.

Selain itu, panitia yang bekerja di TPS ini juga mengenakan seragam adat.

6. TPS Oriental

TPS 04 Cibadak Kota Bandung mengusung tema oriental untuk Pilkada Serentak 2018.

TPS diramaikan dengan berbagai ornamen khas Tionghoa seperti patung naga, lampion, hingga alas meja penuh dengan warna merah layaknya tengah merayakan Imlek.

Bahkan para petugas KPPS mengenakan pakaian adat khas Tionghoa seperti pada film-film aksi dinasti pada zaman dahulu.

Nuansa oriental tersebut tidak hanya sekadar untuk meramaikan suasana, melainkan juga simbol pesan perdamaian untuk saling menghargai perbedaan.

7. TPS Hantu

Lain halnya dengan petugas KPPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang memilih tema mistis.

Mereka mengenakan busana hantu, di tempat pemungutan suara (TPS) 7, Kelurahan Randusari, Semarang, Jawa Tengah.

Diketahui, Pilgub Jateng diikuti dua pasangan cagub-cawagub, Ganjar Pranowo-Taj Yasin nomor urut 1 dan Sudirman Said-Ida Fauziyah nomor urut 2 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27.068.500 pemilih.

8. TPS Lingkungan

Lingkungan juga menjadi salah satu tema yang menarik diangkat oleh TPS 01 Kelurahan Kaliwungu, Jombang, Jawa Timur.

Selain membubuhi jari dengan tinta biru, warga juga mendapatkan bibit tanaman setelah melakukan pencoblosan.

Panitia KPPS juga menghias TPS dengan aneka botol plastik.

Selain menarik warga agar menggunakan hak pilih pada Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang 2018, juga mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

9. TPS Karnaval

Sebanyak 5 TPS di Kampung Karnaval Pilkada di Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok mengusung tema karnaval.

Petugas KPPS menjemput warga untuk menggunakan hak pilih menggunakan mobil "odong-odong

Selain penjemputan, juga disediakan pengobatan gratis untuk menarik animo warga menggunakan hak pillihnya pada Pilgub Jawa Barat 2018.

(Yanis)

Berita Terkait