TPS Lama Akan Difungsikan Taman, Pemdes Pekantingan Cirebon Akan Bangun TPS Baru



Cirebon, Beritainspiratif.com - Warga Desa Pekantingan, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon dibuat resah dengan sampah yang berceceran hingga ke pinggir jalan, di Tempat Pembuangan Sampah (TPS.red).

Seperti yang diungkapkan oleh Ari, warga sekitar yang mengaku khawatir akan tumpukan sampah tersebut, dirinya meminta kepada pemerintah agar bisa menyelesaikan masalah sampah tersebut.

"Ini (sampah.red) kalau tidak segera dibereskan khawatir menimbulkan penyakit untuk warga sekitar, ini saja baunya sudah sampai kemana-mana," ujar Ari, Senin (18/2/2010).

Menanggapi keluhan warga tersebut Plt Kuwu Desa Pekantingan, Agus Hermanto, mengakui sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi permasalahan sampah ini.

"Sejak bulan Januari 2019 kemarin, kami sudah melayangkan surat kepada DLHD Kabupaten Cirebon untuk berkoordinasi masalah sampah ini, dan sampai sekarang, kami belum mendapat tindak lanjutnya," ujar Agus.

Agus juga mengakui, kondisi sampah yang menumpuk seperti sekarang ini, sangat menggangu warga masayarakat, terlebih lokasi TPS yang berada di pinggir jalan.

"Resiko kalau TPS yang terbuka yah seperti itu, banyak warga dari luar desa yang ikut membuang sampah, dan kami juga pernah mendapati warga dari luar desa membuang sampah di TPS itu dengan menggunakan bak terbuka," katanya.

Kedepan menurut Agus, pihaknya sudah mulai memikirkan permasalahan sampah ini. Dengan APBdes yang dimiliki Desa Pekantingan, akan dibangun tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) yang mana pengelolaannya nanti dilaksanakan oleh pemerintah desa.

"Kami rencananya akan membangun dua TPST, dan tahun ini kami akan merealisasikan 1 TPST dulu, sedangkan yang satunya akan dibangun pada tahun depan," katanya.

Lokasi yang sekarang jadi TPS, menurut Agus akan dialih fungsikan menjadi taman atau ruang terbuka hijau, sehingga akan menambah indah Desa Pakentingan.

(Dekur)

Berita Terkait