Tol Cisumdawu Miliki Terowongan Terpanjang di Indonesia



Bandung, Beritainspiratif.com – Pada November 2018 ditargetkan pembangunan terowongan arah Dawuan pada Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah tembus di kedua ujungnya.

"Di dalam pembangunan seksi dua tersebut, terdapat twin tunnel Cisumdawu, sepanjang 472 meter. Sisi kiri sudah tembus semuanya, sisi kanan baru 392 meter, dan rencananya tembus akhir November," kata Sekda Jabar Iwa Karniwa, di Gedung Sate.

Iwa menjelaskan, secara keseluruhan pembangunan twin tunnel Tol Cisumdawu sudah mencapai 80 persen, dan ini merupakan terowongan tol terpanjang di Indonesia, dan merupakan pekerjaan paling berat,

"Untuk pembangunan seksi pertama Tol Cisamdawu sepanjang 12,02 KM dari dari Cileunyi sampai Rancakalong sedang dalam proses pembebasan lahan, selesai di Desember 2018," ujar Iwa.

Untuk seksi dua fase satu Tol Cisumdawu sepanjang 6,35 kilometer, perkembangannya sudah selesai 100 persen. Sedangkan untuk seksi dua Tol Cisumdawu yang memiliki panjang 17,05 kilometer, ditargetkan pembangunannya bisa selesai pada Desember 2019.

Sedangkan Fase tiga dengan panjang 11,45 kilometer, progres pembebasan lahannya mencapai 60 persen. Dan secara total merupakan kewenangan pemerintah, seksi 1 dan seksi 2, dari total 28,50 kilometer, progres keseluruhan pembebasan lahan sudah 82,82 persen dan konstruksi 46,12 persen.   (Yanis)

Berita Terkait