Tol Cisumdawu akan Terintegrasi dengan Tol Cipali di KM 152



Jakarta, Beritainspiratif.com -Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer (km) yang terdiri dari 6 seksi akan menjadi penunjang Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Tol Cisumdawu ditargetkan akan beroperasi pada awal 2020.

Berdasarkan data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol ini akan melewati 7 daerah, yakni Cileunyi, Tanjung Sari, Sumedang, Cimalaka, Legok, Ujung Jaya dan Kertajati.

Nantinya Tol Cisumdawu ini akan terintegrasi dengan Tol Cipali di KM 152. Sehingga mereka yang ingin ke Bandara Kertajati bisa melalui Tol Cisumdawu dan melanjutkan masuk ke Tol Cipali dan keluar di Kertajati di KM 159, sehingga bisa memangkas jarak tempuh.

Saat ini, mereka yang ingin ke Bandara Kertajati dari Bandung harus melewati Tol Purbaleunyi dan melanjutkan perjalanannya ke Tol Cipali atau memutar.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis, menyampaikan
"Tadinya lewat tol Purbaleunyi sampai Kertajati KM 72 sampai KM 159. Dengan adanya Tol Cisumdawu tembusnya KM 152 pakai Cipali 7 km," ujarnya dalam Media Tur Inspirasi Astra di Tol Trans Jawa, Subang, Minggu (24/2/2019).

Ia menambahkan bahwa lalu lintas Tol Cipali meningkat dengan integrasi Tol Cisumdawu. Namun pendapatan diprediksi mengalami penurunan.

"Traffic naik rata-rata. Turun karen jarak tempuh turun, revenue sedikit turun sementara impact-nya," pungkasnya

Yanis

Berita Terkait