Tips Jitu Agar Tidak Lagi Insomnia



Bandung, Beritainspiratif.com - Kesulitan tidur di malam hari atau insomnia memang dirasa sangat menyebalkan. Tidur Anda menjadi tidak berkualitas dan bahkan di pagi harinya Anda bisa terlambat bangun, hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagi Anda yang insomnia, ada beberapa tips yang bisa membuat Anda cepat tidur seperti dikutip dari Jitunews.com. Apa saja?

Matikan gadget atau televisi

Ketika sudah memasuki jam tidur, sebaiknya Anda mematikan gadget atau televisi. Karena, apabila semua peralatan elektronik mati maka jam tidur Anda tak akan terganggu.

Rileksasikan pikiran

Sebelum jam tidur, tenangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman. Anda harus membuat diri Anda rileks terlebih dahulu.

Menurunkan intensitas cahaya

Menunrunkan intensitas cahaya atau mematikan lampu bisa menghindari Anda dari insomnia.

Menurut peneliti cahaya dan ritme biologis dari Columbia University Medical Center, Michael Terman, emmatikan lampu kamar merupakan upaya memperlihatkan sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba.

Makan kacang

Kacang terdapat zat triptofan, zat ini mengalir dalam darah di tubuh yang nantinya menghasilkan hormon melatonin yang dapat menciptakan rasa ngantuk.

Dengarkan musik tenang

Rileksasi ini akan menciptakan tubuh agar lebih dalami dan rileks. Anda bisa mencoba mendengarkan musik instrumen dan menyetel volume senyaman mungkin.

Jaga kebersihan area tidur

Kebersihan juga sangat kuat pada insomnia, sebaiknya bersihka kamar dand aerah tidur secara teratur.

Yones

Berita Terkait