Tips Ampuh Melatih Si Kecil Berpuasa



Bandung, Beritainspiratif.com - Tidak terasa sepekan kedepan Bulan Suci Ramadhan akan menyapa muslim dan muslimah untuk menjalankannya.

Berpuasa bagi seorang anak memang cukup berat dilaksanakan, tetapi hal ini bisa dilewati bila orang tua memberikan bekal atau pengetahuan sedini mungkin kepada anak agar anak terbiasa melakukannya ketika dewasa nanti.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatih si kecil berpuasa.

1. Siapkan mental psikologis anak agar ketika mulai berpuasa murni dari keinginan pribadi.

Dapat dilakukan dengan cara mengenalkan suasana Ramadhan seperti, ajak ketika seluruh keluarga bangun sahur, ajak makan sahur bersama. Kemudian biarkan ia melihat suasana khusyu’ sepanjang siang berpuasa, ibu bisa menceritakan kenapa kita tidak makan dan minum saat itu.

Akhirnya, di sore harinya si kecilpun bisa menangkap momen-momen suka cita serta kebahagiaan anggota keluarga saat-saat berbuka puasa.

Pengalaman-pengalaman itu akan sangat memberikan pengaruh besar.

O ya Jangan lupa ajak juga ke masjid saat waktunya sholat tarawih.

2. Setelah mental psikologis terbangun, mulailah tahapan puasa disesuaikan dengan tahapan umur dan tahapan latihan.

Misal , untuk anak berumur 4 tahun, cukup 4 jam sehari lalu beberapa hari kedepan tambah menjadi 5 jam sehari dan seterusnya semampunya, namanya juga latihan.

3. Yakinkan, bahwa anak berpuasa pada saat kondisi sehat.

4. Cukupkan gizi dan vitamin nya (Tapi ingat jangan memberikan supplement menambah nafsu makan ketika berpuasa)

5. Banyak minum air putih ketika sahur

6. Tidak banyak melakukan aktivitas yang menghabiskan energi

7. Ajak anak mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat (yang tidak menguras energi) seperti cerita kisah-kisah Rasul atau teladan Ramadhan sehingga secara tidak langsung bisa mengalihkan perhatian dari keinginan berbuka.

Namun jika anak nampak keringat dingin dan lemas serta muntah-muntah jangan paksakan untuk melanjutkan berpuasa.

8. Bangun suasana keluarga yang kompak (termasuk dengan asisten-asisten rumah tangga anda alias mas supir dan mbak baby sitter/tukang masak ) sehingga tiap anggota keluarga benar-benar  menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan khusyu’ dan syahdu.

(Kaka)

Sumber : ragam-tips.blogspot.com

Ilustrasi: kabarmakkah.com

Berita Terkait