Tinjau Penerapan AKB di Kab.Bandung, Emil: Saya Doakan Naik ke Zona Hijau



Bandung, Beritainspiratif.com - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat, meninjau penerapan protokol kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) disejumlah pasar dan destinasi wisata di Kabupaten Bandung, Sabtu (20/6/2020).

Peninjauan dipimpin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, dilakukan bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

"Kami monitor tadi di pasar, obyek wisata dan dalam perjalanan, AKB protokol kesehatan sudah dilakukan. Di pintu masuk wisata dilakukan cek suhu, tempat cuci tangan saya lihat sudah ada. Titik antrian dan jaga jarak dengan garis silang juga sudah dilakukan. Namun kedisplinan masih kurang, saya lihat baru sekutar 70 persen yang pakai masker," kata Emil sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga:Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum

Emil mengatakan Kabupaten Bandung sudah masuk zona biru Covid-19, sehingga 90 persen kegiatan di daerah ini sudah dapat dilakukan dengan protokol AKB kecuali pendidikan.

"Saya doakan Kabupaten Bandung secepatnya bisa naik ke zona hijau," ucapnya.

Emil menambahkan peninjauan bertujuan untuk mengecek langsung ke lapangan sekaligus memastikan kondisinya sesuai dengan yang diharapkan.

"Kami mayoritas di ruangan memantau dari jarak jauh karena COVID-19 dan selama AKB ini kami akan sering ke lapangan memantau dan memastikan kondisi," ucapnya.

Baca Juga:Menko PMK Apresiasi Pemprov Jabar dan RSHS dalam Penanganan Covid-19

Emil menandaskan pengendalian virus SARS-CoV-2 di Jabar masuk kategori terkendali. Maka itu, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar bertekad mempertahankan kondisi tersebut.

"Kerja sama gugus tugas banyak diapresiasi termasuk tadi oleh Menteri Kesehatan RI, ini menandakan kekompakan kita luar biasa. Mari kita jaga karena dengan begitu kita pasti menang melawan COVID-19," ucap Emil.

Dalam peninjauan tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar menyalurkan bantuan sekitar 2.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi. Bantuan juga di distribusikan ke desa-desa oleh satuan Bhabinkamtimbas dan Babinsa.

"Kami atas inisiatif Pak Pangdam III Siliwangi melakukan Baksos, kemudian Bhabinkamtimbas dan Babinsa kita kirim ke desa-desa yang membutuhkan di Kabupaten Bandung," katanya.

(Ida)

Berita Terkait