Tingkatkan Potensi Wisata, Pemprov Jabar Gelar Gedung Sate Festival



Bandung,Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar pameran pariwisata bertajuk Gedung Sate festival (GSF) di area Gedung Sate, Jumat (16/11 2018).

GSF digelar dalam rangka mempromosikan potensi wisata baik di Jawa Barat terletak di sejumlah provinsi lain yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Provinsi Jawa Timur dan provinsi DKI Jakarta juga membuat stand untuk memamerkan potensi wisata pada acara GSF.

Sementara itu berdasarkan keterangan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa karniwa mengatakan, dengan dilaksanakannya GSF 2018 dirinya berharap para wisatawan bisa semakin tertarik untuk bisa berkunjung ke Jawa Barat.

"Maksud digelarnya GSF adalah Jawa Barat harus bisa meningkatkan angka kunjungan wisata dan berdasarkan laporan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, target 85 Juta wisatawan ke Jabar itu sudah tercapai dan paling besar untuk seluruh Indonesia," jelasnya.

Berdasarkan data tersebut pihaknya mengatakan ada efek positif pada unsur-unsur masyarakat lainnya.

"Dengan angka itu, berefek pula pada berkurangnya angka kemisminan dan pengangguran, kita bertekad sesuai dengan visi Jabar Juara Lahir Batin

kami terus berinovasi dan kolaborasi, dengan meningkatkan promosi pariwisata di Jabar terutama beberapa wilayah yang belum tersentuh," lanjut Iwa.

Lebih lanjut Iwa menjelaskan, terkait kolaborasi dengan masyarakat pihaknya akan menggaet sejumlah komunitas dan anak muda dalam beberapa jenis wisata.

"Misalkan kita ingin mengembangkan pariwisata yang bersifat memacu adrenalin atau wisata hutan maka kita libatkan masyarakat, komunitas, pemuda, yang punya kapasitas disana sehingga pemerintah bersifat memfasilitasi, itulah kolaborasi," kata Iwa

Terkait promosi pariwisata, pihaknya mengapresiasi positif untuk Kabupaten Purwakarta yang sudah memiliki aplikasi khusus berisi tentang informasi potensi-potensi wisata yang ada di Purwakarta.

"Iya, sebagimana arahan Bapak Gubernur kita akan replikasi hal-hal yang sangat baik dalam hal pariwisata, di beberapa kabupaten/kota termasuk juga aplikasi yang memang sudah terbangun dengan baik, salah satunya aplikasi yang ada di Kabupaten Purwakarta itu," tandasnya. (Tito)

Berita Terkait