Tingkatkan Pelayanan, Pemkot Bandung Siapkan Mall Pelayanan Publik (MPP).



Bandung, beritainspiratif.com - Dalam upaya peningkatan layanan, Pemerintah Kota Bandung mempersiapkan hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) . Saat ini, persiapan MPP telah memasuki tahap pemilihan lokasi yang mengerucut pada dua opsi.

Dua lokasi yang direncanakan menjadi gedung MPP Kota Bandung adalah eks Matahari Banceuy dan di Kawasan Kantor Pemerintah Kota Bandung yang terletak di Jalan Cianjur.

"Kehadiran MPP ini akan memudahkan masyarakat karena nantinya mereka bisa mengurus lebih dari satu kebutuhan tanpa perlu bolak-balik," ujar Kepala Sub Bagian Data, Informasi dan Evaluasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung,"ujar Hadi Surachman di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (25/7/2019).

Hadi menyebutkan, pemilihan lokasi mall pelayanan publik (MPP), akan mengedepankan aspek kemudahan aksesibilitas masyarakat untuk datang.

"Nantinya masyarakat akan mudah mengaksesnya," ucapnya.

Hadi menyebutkan, setelah masuk tahap persiapan lanjut, pihaknya akan mengundang berbagai macam lembaga pelayanan publik (baik dinas maupun swasta, red) untuk berkomunikasi perihal siapa saja yang akan mengisi slot di gedung MPP tersebut.

Hadi mengaku segera merampungkan finalisasi penetapan lokasi dan kebutuhan anggaran. Selanjutnya akan diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung agar dapat masuk kedalam anggaran pembangunan tahun 2020.

"Jika masuk anggaran tahun depan, maka rencana pembangunan MPP bisa dimulai pada 2020," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi, Sumber Daya Keuangan dan Sumber Daya Alam Bappelitbang Kota Bandung, Betty Wargadinata menyebutkan, pihaknya akan memfasilitasi dari keperluan anggaran untuk pembangunan MPP.

Oleh karenanya, jika pengajuan dari DPMPTSP rampung, maka proses pembangunan MPP dapat segera dimulai.

"Kemungkinan, rencana penganggaran untuk 2020 itu di September. Jika usulan dari teman-teman di DPMPTSP ini rampung, maka rencana persiapan MPP ini bisa masuk ke dalam anggaran tahun 2020," ujar Betty.

Selain itu, hadirnya MPP di Kota Bandung akan meningkatkan indeks kepuasan masyarakat.

"Tentu ya. Karena nanti sistemnya akan ‘one stop service’," tuturnya.

(mugni)

Berita Terkait