Tingkatkan Minat Baca, Pegiat Literasi Buka Lapak di Pinggir Jalan



Cirebon,Beritainspiratif.com - Dalam rangka meningkatkan minay baca di masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar, pegiat literasi membuka lapak disalah satu sudut Kecamatan Arjawinangun, Kamis (1/8/2019).

Lebih dari 10 penggiat literisasi membuka lapak dengan sarana seadanya, buku-buku yang dipajang pun mengundang perhatian dari para pelajar sehingga banyak pelajar yang pebasaran untuk membaca buku-buku tersebut.

"Kegiatan ini (buka lapak.red) dilakukan untuk mengenalkan buku-buku bacaan kepada masyarakat khususnya anak-anak mulai dari usia dini, agar mereka bisa membudayakan minat baca," ujar Robianto, salah satu pegiat literasi Kabupaten Cirebon.

Featival baca keliling, yang dilakukan pegiat literasi, menurut Robianto, sudah dilakukan di dua titik, pertama sudah di Alun-alun kecamatan Gegesik dan sekarang kedua kalinya di alun-alun kecamatan Arjawinangun.

“Dan akan terus kita lakukan di kecamatan-kecamatan lainnya, karena tujuan kami ingin mengkampanyekan literisasi dan ingin membudayakan minat baca kepada masyarakat Kabupaten Cirebon khususunya anak-anak.” Papar Robi.

Lanjut Robi, saat ini kita bekerja sama dengan berbagai penggiat lainnya lebih dari 10 penggiat masing - masing desa seperti dari Susukan, Jatipura, Gintung, Luwung kencana. Kami akan terus menyuguhkan dan membudayakan minat baca kepada masyarakat Cirebon.

“Alhamdulilah saat ini kita lihat anak-anak sekarang banyak sekali menyukai buku-buku bacaan, dan ini akan terus kita gaungkan kepada masyarakat agar terus bisa menyukai minat baca, dengan membaca akan lebih tahu semuanya,” katanya.

Dalam kegiatgan tersebut juga diselingi dengan berbagai lomba-lomba untuk tingkat anak-anak sekolah dasar dari kelas 1 hingga kelas 6, dengan berbagai hadiah menarik. Kita siapkan 7 lomba yang akan kita tandingkan.

"Seperti lomba mewarnai, lomba puisi, mengenal nama tokoh nasional, mengenal nabi, mengenal para wali, dan menulis cerpen," tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait