Tingkatkan Kualitas Saksi, Bawaslu Kabupaten Cirebon, Gelar Pelatihan Saksi

Cirebon,Beritainspiratif.com – Dalam rangka Pemilu yang berkualitas, Bawaslu Kabupaten Cirebon, melaksanakan pelatihan saksi partai politik yang dilaksanakan serentak se Kabupaten Cirebon pada Selasa (9/4/2019).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon, Minhatul Maula, mengatakan pelatihan saksi yang dilakukan pihaknya ini merupakan salah satu amanat UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam UU ditulis untuk pelatihan saksi dari peserta Pemilu, itu dilakukan oleh Bawaslu, dan hari ini kami melaksanakan amanat itu,” ujar Minhatul Maula.

Minhatul yang menjabat sebagai Kordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Cirebon ini juga mengatakan, sejauh ini secara administasi baru ada 4 partai politik yang sudah menyerahkan persyatan administrasi.

“Ke 4 partai politik yang sudah menyerahkan administrasi akan kita laksanakan pelatihan, dan di setiap kecamatan kami laksanakan secara serentak,” katanya.

Minhatul Maula juga mengatakan, dengan pelatihan saksi yang dilakukan pihaknya ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas saksi, sehingga saksi dapat memberikan pengawasan secara maksimal, sehingga akhirnya kualitas Pemilu lebih baik.

“Kalau saksinya kritis, pelaksanaan Pemilu saya yakin bisa berjalan sesuai aturan yang ada, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran,” tambahnya.

(Dekur)

Bagikan: