Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Camat Arcamanik Berikan Pembinaan kepada Ketua RW

Pengalengan, Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintahan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung melakukan Pembinaan kepada seluruh Ketua RW yang ada di wilayah Kecamatan Arcamanik meliputi 4 Kelurahan yakni Kelurahan Sukamiskin, Kelurahan Cisaranten Endah, Kelurahan Cisaranten Kulon dan Kelurahan Cisaranten Bina Harapan. Acara pembinaan kepada seluruh Ketua RW ini dilaksanakan di Glamping Situ Cileunca, Pengalengan Kabupaten Bandung, Sabtu, (29/6/2019).

Camat Arcamanik, Drs. Firman Nugraha

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kasie Pemerintahan Kecamatan Arcamanik, Sukmareni SL, bahwa keberangkatan peserta mengambil start di halaman Kantor Kecamatan Arcamanik dimulai pukul 06.30 wib, dan berangkat dengan menggunakan bus pada pukul 07.00 wib, selanjutnya peserta dengan menggunakan perahu menyeberangi ke lokasi acara di Glamping Cileunca.

Kegiatan Pembinaan ini diikuti oleh lebih dari 60 peserta terdiri dari Camat Arcamanik, Kapolsek Arcamanik, Sekcam Arcamanik, 4 Lurah di wilayah Kecamatan Arcamanik, para Kasie pemerintahan dilingkungan Kecamatan dan kelurahan Arcamanik, Ketua RW se-Kecamatan Arcamanik, LPM Kelurahan, PKK, dan ASN di Lingkungan Pemerintahan Kecamatan Arcamanik dan peserta lainnya.

Acara pada pagi harinya diisi dengan Pembinaan oleh Camat Arcamanik Drs Firman Nugraha, MM selanjutnya usai makan siang acara dilanjutkan dengan kegiatan Body Rafting (Arung Jeram) selama perjalanan mencapai 2 jam, dengan menggunakan perahu karet beserta perlengkapannya, setelah sebelumnya mendapatkan arahan dari instruktur.

Camat Arcamanik Drs Firman Nugraha, MM dalam sambutan pembinaan nya menyampaikan kepada seluruh Ketua RW sebagai berikut :

1.Kegiatan pembinaan Ketua RW ini diharapkan dapat dijadwalkan setiap tahun oleh Kasie Pemerintahan Kecamatan Arcamanik.

2.Berkaitan dengan telah adanya keputusan Sidang Mahkamah Konstitusi dan sudah ada keputusan final, Camat Arcamanik menyampaikan terima kasih atas kerja keras para panitia Pemilu 2019 di lingkungan Kecamatan Arcamanik

3.Terkait adanya informasi yang masuk adanya rentenir di wilayah Arcamanik, untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah ini, segera dibentuk Satgas Rentenir Tingkat Kecamatan, sebagaimana pola yang sudah diterapkan di Kecamatan Sukajadi. Diharapkan para Ketua RT-RW untuk membantu dan melaporkan jika ada warganya yang terjerat.

4.Dalam bulan ini ada beberapa lomba yang akan diikuti oleh Kecamatan Arcamanik antara lain lomba posyandu tingkat Propinsi yang diwakili oleh Posyandu Teratai 2 yang berada di RW 05 Kelurahan Cisaranten Kulon yang menjadi juara 1 posyandu tingkat Kota Bandung. Selanjutnya juga bulan ini diadakan evaluasi tingkat kota Bandung lomba Kang Pisman, untuk melihat wilayah yang sudah betul betul menerapkan Kang Pisman dengan baik, yang sudah ditinjau satu kali ke lapangan, dan menurut informasi Arcamanik termasuk bagus penyelenggaraan Kang Pisman-nya, dan pada bulan ini akan ada peninjauan lagi pada titik titik yang sudah ditetapkan. Untuk itu kepada Ketua RT-RW untuk tetap memelihara dan terus meningkatkan penerapan Kang Pisman.

Pada bagian akhir sambutan Camat Arcamanik, menyampaikan bahwa “Sinergitas dan kerjasama di lingkungan Pemerintah Kecamatan Arcamanik sudah sangat baik, dan diharapkan dapat tetap di jaga serta ditingkatkan”, ujar Firman

Pembinaan juga disampaikan oleh Kapolsek Arcamanik Kompol Anang Suhanji, antara lain menyampaikan terima kasih kepada panitia, RT-RW serta seluruh warga masyarakat di Kecamatan Arcamanik yang telah melaksanakan Pemilu dengan baik dan lancar, sehingga tidak ada pergerakan massa menjelang Keputusan MK.

Dalam operasi ketupat di bulan ramadhan menjelang lebaran 2019 maupun takbir keliling, semua situasi dalam keadaan kondusif. Kejahatan ranmor dan lainnya pada tahun terus turun. Kapolsek juga menghimbau kepada Ketua RT – RW yang belum memasang CCTV agar dipasang di pagar pintu masuk perumahan termasuk mini market yang ada di wilayahnya.

Sementara itu salah satu peserta Pembinaan mewakili Ketua RW 08 yang merupakan Ketua RT 01 Gading Regensi Kelurahan Cisaranten Indah, saat ditemui menyampaikan sangat terkesan dengan penyelenggaraan acara ini, yang merupakan pertama dan tepat dilaksanakan outdoor yang biasanya dilaksanakan in door.

Diharapkan dapat dilakukan secara rutin tiap tahun, apalagi adanya kegiatan Rafting (arung jeram) yang memacu adrenalin dan tantangan, ujar Tono yang merupakan pensiunan 2007 Direktorat Sumber Daya Mineral yang sekarang Direktorat Geologi dan Sumber Daya Mineral yang memiliki hobby jalan kaki dan sepedah, pungkasnya. (Yanis)

Bagikan: