Tingkatkan Indeks Literasi Keuangan, OJK Regional 2 Jabar Gelar Festival Inklusi Keuangan

Bandung,Beritainspiratif.com – Kantor Regional 2 Jawa Barat Otoritas Jasa Keuangan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jawa Barat, menggelar Festival Inklusi Keuangan 2019 Menuju Jabar Juara Lahir dan Batin.

Rangkaian kegiatan Festival Inklusi Keuangan 2019 terdiri dari expose mitra binaan bank bjb, talkshow, dan Business Matching, yang berlangsung di Jalan Soekarno – Cikapundung River Spot Kota Bandung, Sabtu (26/10/2019).

Talkshow mengusung tema “Kemandirian Finansial Bagi Milenial”, dengan sasaran utama audiens generasi muda baik pelajar maupun mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Triana Gunawan meyakini pada tahun 2019 ini inklusi keuangan di Indonesia dapat mencapai target.

“Namun kita jangan langsung berpuas diri, sebab saat ini indeks literasi keuangan di Indonesia masih terbilang rendah, dibandingkan negara tetangga meskipun ada peningkatan,” katanya.

Triana menuturkan saat ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui secara persis produk dan layanan jasa keuangan, termasuk risiko yang melekat pada produk dan jasa keuangan tersebut.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman produk atau layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan, sehingga dapat merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik,” ujar dia

Dalam kegiatan ini digelar Business Matching, mempertemukan off taker (pembeli) dan pelaku UMKM dengan bank bjb, sebagai lembaga keuangan, serta penandatanganan MoU antara PT Agro Investama dengan bank bjb, mengenai skema pembiayaan kepada peternak pembiak domba.

Penandatangan ini merupakan kelanjutan dari MoU tahap 1, yang telah dilaksanakan pada Juni 2019 lalu.

Pada kegiatan tersebut, TPAKD Provinsi Jawa Barat turut menyerahkan penghargaan kepada para pihak, yang telah berpartisipasi dalam program TPAKD Provinsi Jawa Barat antara lain kepada para off taker dan Bupati. Pihak off taker yang terlibat dalam program Business Matching antara lain: PT Agro Investama sebagai off taker peternak domba, PT Crowde Membangun Bangsa sebagai off taker para petani, PT Octa Citra Rajawali sebagai off taker dari POMDes, Geraiku, serta PT PG Rajawali II Cirebon sebagai off taker kelompok petani tebu.

Para Bupati yang telah mendukung langsung antara lain Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bekasi. Selain itu, sebagai apresiasi atas dukungan dalam meningkatkan inklusi keuangan di daerah, PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk. menyerahkan penghargaan kepada Rektor Universitas Pasundan, IKOPIN, IPB, Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Barat, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat serta RSUD Jampang. (Ida)

Bagikan: