Tingkatkan Budaya Baca, Mahasiswa Itenas Gelar Festival Literasi

Bandung, Beritainspiratif.com
Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) yang tergabung dalam Komunitas Muka Buku mengelar Festival Literasi di gedung Student Centre Itenas, Jalan PH. H Mustofa, Kota Bandung, pada Senin (10/12/2018). Acara tersebut digelar untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan mahasiswa.

Acara yang berlangsung pada pukul 16.00 WIB tersebut diawali dengan penampilan musik dan dilanjutkan dengan diskusi buku berjudul Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Adapun peserta kegiatan tersebut terdiri dari sejumlah komunitas perpustakaan keliling, seperti Perpus Jalanan Bandung, Perpustakaan Rumah Diskusi, Perpustakaan Book Not Boom dan Perpustakaan Tobbaco Youth Club.

Menurut keterangan ketua pelaksana, Rama Azis mengatakan, kondisi mahasiswa hari ini seringkali masih belum terbiasa dengan budaya literasi, sehingga kegiatan-kegiatan literasi perlu terus digalakkan.

“Melalui acara ini kita ingin menumbuhkan kesadaran literasi dikalangan mahasiswa, karena di Itenas sendiri masih minim kajian-kajian literasi kritis,” ungkapnya.

Menurutnya, literasi sangat penting terutama bagi mahasiswa karena literasi merupakan gerbang utama yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menumbuhkan kembali budaya diskusi.

“Seringkali kita lupa, sebagai mahasiswa bahwa ada isu atau wacana diluar kampus yang penting untuk dikaji namun seringkali dilupakan karena kesibukan kita masing-masing,” paparnya.

Selain itu, pihaknya memilih novel karya Pramoedya Ananta Toer tersebut berdasarkan riset yang dilakukan sebelumnya yakni melalui penyebaran kuisioner.

“Sebelum kegiatan ini digelar kita bagikan dulu pertanyaan-pertanyaan kepada mahasiswa dan ternyata buku novel banyak digemari oleh mahasiswa sehingga hari ini akan kita bedah,” jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, Aziz sapaan akrabnya, berharap rencana tindak lanjut bisa dilaksanakan baik berupa diskusi, bedah film, ataupun kegiatan lainnya.

“Untuk ke depannya kita bisa juga belajar nulis bareng atau mau bedah buku bareng ya rame-rame yang penting mah ada kemauan positif aja dulu,” pungkasnya.

(Tito)

Bagikan: