Tim UPI Siaga Covid-19 Berhasil Buat SP-WASH-O, Alat Semprot Disinfektan Otomatis

Bandung, Beritainspiratif.com – Dalam upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 (virus Corona), Tim UPI Siaga Covid-19 bersama Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI, berhasil membuat SP-WASH-O (Saung Paragi Wawasuh Awak diSemprot ku Halimun Otomatis).

Saung tersebut memiliki dua bilik chamber Disinfectant Otomatis dengan Teknologi Vibrator Ultrasonik, yang bisa menghasilkan uap disinfectant, dengan ukuran 120 – 200 nanometer.

Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI Sriyono mengatakan, SP-WASH-O berhasil dibuat dalam empat hari kerja di bengkel FPTK UPI. Pembuatannya dibantu oleh seorang asisten dosen, seorang Pranata Laboratorium Pendidikan dan lima orang mahasiswa dari prodi yang sama.

Inovasi produk ini di fasilitasi oleh Tim Siaga Covid-19 UPI Prof. Ida Hamidah dan Rektor UPI Prof. Asep Kadarohman.

“Hasil inovasi ini merespon tantangan revolusi industri 4.0 dengan sejumlah keunikan dari sisi teknologi yang digunakan,” kata Sriyono, Jum’at (3/4/2020).

Sriyono menuturkan produk ini dilengkapi dengan penggunaan otomatisasi dan digitalisasi teknologi sensor.

Ketika orang datang, akan direspon atau ditangkap oleh sensor gerak, selanjutnya sensor gerak memberikan sinyal untuk mengaktifkan mesin secara otomatis.

“Mesin ini kemudian memproduksi uap disinfectant standby pada tabung, dengan menggunakan teknologi vibrasi ultrasonic,” imbuhnya,

Dijelaskannya, satu unit produk memiliki dua bilik chamber, dilengkapi dengan satu mesin Vibrator Ultrasonik.

Dari hasil uji coba 1,5 liter cairan disinfectant, dapat digunakan selama satu jam bisa untuk strerilisasi sebanyak 720 orang.

Alat ini juga dilengkapi roda untuk memudahkan mobilisasi atau perpindahan unit dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Kami sedang menyempurnakan SP-WASH-O, dengan sistem otomatisasi teknologi sensor pada desain pintu geser,” ujarnya.

(Ida)

Bagikan: