Tiga Camat dan Tiga Lurah Raih Penghargaan dari Walkot Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Tiga Camat dan tiga Lurah terbaik di Kota Bandung mendapat penghargaan dari Pemkot Bandung. Penghargaan ini diberikan Pemkot Bandung sebagai bentuk apresiasi kepada kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN),

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto No. 83 Bandung, Kamis (27/12/2018.).

Dikutip dari laman Rmol, tiga camat yang mendapatkan apresiasi yaitu Tubagus Agus Mulyadi (Camat Lengkong), Enjang Mulyana (Camat Batununggal), dan Pepen Effendi (Camat Mandalajati). Sedangkan lurah terbaik yaitu Farida Agustini (Lurah Sukamiskin), Aep Sahri (Lurah Sukagalih), dan Suherman (Lurah Sukabungah).

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Bandung, Kamalia Purbani, pemberian anugerah Camat dan Lurah terbaik ini berdasarkan pada berbagai kriteria.

Di antaranya, Laporan Bulanan, Laporan Insidental, dan Laporan Tahunan para Camat melalui aplikasi sip.bandung.go.id.

" Selain itu, Pemkot Bandung melalui Bagian Pemerintahan Umum menilai langsung lapangan selama 1 tahun yang merupakan bagian dari pembinaan oleh Bagian Pemerintahan Umum,” ucap Kamalia pada acara Optimalisasi dan Harmonisasi Pelaksanaan urusan Pemerintah Kota dan Kewilayahan dalam meningkatkan Pelayanan Masyarakat, sekaligus Penyerahan Hasil Evaluasi Kinerja Camat dan Lurah Tahun 2018.

Kamalia mengungkapkan, penilaian kinerja ini penting sebagai salah satu instrumen perencanaan pembangunan. Inovasi Bagian Pemerintahan Umum ini menjadi salah satu masukan dan tolok ukur efektivitas program di lapangan.

Hal yang lebih penting, kinerja Camat dan Lurah tidak hanya diukur dari sudut pandang pemerintah tetapi juga persepsi dan partisipasi masyarakat dalam program pemerintah.

"Selain itu, koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, instansi vertikal, komunitas, serta elemen masyarakat juga menjadi perhatian,” ungkapnya.

Kamalia juga meminta kepada para aparatur kewilayahan untuk lebih meningkatkan pelaksanaan program dan janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung periode ini. Pasalnya, 15 dari 26 janji Wali Kota dan Wakil Walikota Bandung beririsan langsung dengan kewilayahan.

Sebanyak 15 Janji Wali Kota Bandung itu antara lain Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Plus, Pusat Kreativitas Pemuda per wilayah, Youth Space di setiap Kelurahan, Perpustakaan Keliling per Kecamatan, Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan Perempuan per Kelurahan, Pusat Pelayanan dan Kreativitas Anak per Kelurahan, dan Kampung Wisata di setiap wilayah.

Selain itu, Revitalisasi Sarana Olahraga per Kecamatan, Bank Sampah per Kecamatan, Pusat Pemberdayaan Ekonomi dan Kreativitas per Kecamatan, Peningkatan Insentif RT dan RW, Menciptakan satu Koperasi Juara setiap Kelurahan, peningkatan Insentif guru Mengaji, satu Koperasi masjid di setiap Masjid Jami’ kelurahan, dan gerakan Menyemarakkan rumah Ibadah.

Ditemui di tempat yang sama, Wali Kota Bandung, Oded M Danial menambahkan pentingnya keselarasan, komunikasi, dan koordinasi yang terus-menerus dalam melaksanakan setiap program pembangunan.

"Kalau aparatur kewilayahan bisa kompak dan harmonis, baik dengan jajaran kewilayahan, Forkompinda, hingga dengan masyarakat, saya optimis 57 bulan ke depan Kota Bandung akan semakin juara dengan bantuan bapak-ibu aparatur kewilayahan sekalian,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pertemuan tersebut dihadiri oleh 151 lurah dan 30 camat se-Kota Bandung itu

(Yones)

Berita Terkait