Ternyata Kalimantan Pernah Alami Gempa Pada Tahun 2016, 1923, 1924 Dan 1925



Kalimantan, Beritainspiratif.com -Meski diketahui secara umum bahwa Pulau Kalimantan selama ini dikenal aman dari gempa dan tsunami, fakta mencatat sejarah yang merupakan peristiwa langka telah terjadi di Kalimantan Tengah, khususnya Muarateweh.

Mengutip BanjarmasinPost.co.id, Kejadian gempa bumi di Kalimantan Tengah terjadi di Muarateweh, bertepatan dengan Lebaran 2016. BMKG mencatat wilayah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara dan Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengalami gempa bumi pada Rabu sekitar pukul 14.03 dengan kekuatan 4,5 SR.

Dari sejarah gempa bumi di Indonesia yang terjadi di Kalimantan selain di Muara Teweh dan wilayah Balikpapan (Laut Sulawesi), tercatat tiga kali berturut-turut peristiwa bencana gempa bumi di Tarakan, Kalimantan Utara, dan sekitarnya, yakni pada 19 April 1923, 13 April 1924, dan 14 Februari 1925, dengan kekuatan mencapai VIII skala MMI.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Tengah, ‎I Wayan Mustika, saat itu mengatakan, memang ada gempa yang mengenai Kalteng saat itu hanya sekadar sesar atau pergeseran mendatar dan bukan patahan, sehingga dampaknya tidak besar.

"Semua wilayah Kalteng masih dalam wilayah lingkaran gunung berapi atau ring of fire, sehingga kaitannya juga dengan kejadian gempa bumi pasti juga tetap bisa ada pengaruhnya meskipun kecil," kata dia.

(Kaka)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta