Termasuk Kota Tanpa Sengketa Pilkada, Pasangan Oded M Danial - Yana Mulyana Resmi Walikota - Wakil Walikota 2018 - 2023



Bandung, Beritainspiratif.com - Pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana secara resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung terpilih hasil Pilwalkot Bandung 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menetapkannya dalam “Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung Tahun 2018,” pada Rabu 25 Juli 2018.

Pasangan nomor urut tiga dalam gelaran Pilwalkot Bandung Tahun 2018 ini dipastikan menjadi pemimpin Kota Bandung lima tahun ke depan setelah memperoleh suara sah terbanyak, 634.682 suara, atau 50,10% dari total suara sah tingkat Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alumbarok, mengatakan, penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih ini berdasarkan surat dari KPU RI bahwa KPU Kota Bandung termasuk salah satu kota yang tidak ada sengketa Pilkada. “Karena tidak ada sengketa, maka harus bisa ditetapkan masksimal hari ini. Maka kemudian hari ini kita tetapkan pasangan terpilih ini menjadi pasangan calon  wali kota dan wakil wali kota Bandung untuk periode 2018- 2023,” ujar Rifqi, seusai rapat pleno seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Untuk selanjutnya, kata Rifqi, diharapkan pimpinan DPRD Kota Bandung menyampaikan hasil terkait kepala daerah terpilih tersebut dalam sidang paripurna. Setelah itu, secara administrasi diproses untuk mempersiapkan pengesahan dan pelantikan sesuai SK dari Mendagri terkait wali kota dan wakil wali kota terpilih. “Dan nanti akan dilakukan pelantikan tanggal 20 September. Jadi tanggal 17 September (pelantikan) gubernur, setelah itu baru (pelantikan) wali kota. Tahapan semua sudah dilewati, dan tidak ada sengketa, maka hari ini kita tetapkan. Jadi ini tahapan akhir, tahapan puncak, karena setelah itu baru pelantikan. Kalau pelantikan sudah kewenangan dari Kemendagri,” tuturnya.

Oded: Terimakasih

Dalam acara itu hanya Yana yang hadir. Sementara Oded tidak hadir karena masih bertugas sebagai Wakil Wali kota Bandung, dan berada di Tarakan, Kalimantan Utara. Melalui telepon, Oded menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Bandung yang telah berpartisipasi dalam pilkada. Ia juga mengapresiasi pilkada yang berakhir sukses, tertib, santun. “Bagi Mang Oded, bahwa proses pesta politik tidak ada ubahnya sedang bermain futsal atau sepakbola. Permainan sudah selesai, sudah ada keputusan. Yuk kita bersama warga untuk membangun rekonsiliasi, ngahiji berbarengan melaksanakan amanah dari proses politik ini untuk diwujudkan Bandung semakin baik,” ujarnya.

Ia dan Yana ingin mengajak warga menjalani proses politik ini, serta membangun Kota Bandung dengan pendekatan kolaborasi seluruh warga. “Mudah-mudahan Mang Oded berharap ini keputusan akhir terbaik dari Allah untuk seluruh warga Kota Bandug,” kata Oded.

Wakil Wali Kota Bandung terpilih Yana Mulyana juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kota Bandung yang telah menggunakan hak pilihnya sehingga mencapai angka partisipasi 76%. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama dan bersatu untuk membangun Kota Bandung bersama dalam masa kepemimpinan mereka ke depan. “Persaingan dalam Pilwalkot Bandung ini adalah masa lalu. Namun, semangat bersatu akan terus dijunjung untuk melanjutkan Bandung juara,” ujarnya.

Rapat Pleno ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Jawa Barat, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Bandung, Anggota KPU Kota Bandung, Ketua Panwas Kota Bandung, Kapolrestabes Bandung, lalu Desk Pilkada Kota Bandung, Pimpinan Partai Politik Tingkat Kota Bandung, dan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bandung.

(Kaka)

Berita Terkait