Terkait OTT Bupati Bekasi, Sekda Jabar imbau ASN Fokus Layani Publik



Bandung, Beritainspiratif.com - Pasca ditetapkannya Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yassin sebagai tersangka kasus suap proyek Meikarta, Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa angkat bicara. Dirinya mengimbau, yang perlu diperhatikan bersama adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bekasi tetap menjalankan pelayanan publik sebagimana mestinya.

"Setelah kejadian ini, seluruh ASN di kabupaten Bekasi, tetap tenang, tetap laksanakan tugas pemerintahan, tetap berjaga, pelayanan di kelurahan, pelayanan di desa, pelayanan di kabupaten kota, Disdukcapil tetap berjalan dengan baik tidak boleh ada yang kurang," tegasnya.

Kasus tersebut, kata Iwa, mestinya menjadi peringatan bagi dirinya juga bagi semua ASN dimanapun. "Ini merupakan peringatan buat saya, dan buat kita semua sebagai ASN untuk tetap bekerja dengan baik, bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena diantara kita tetap harus saling mengingatkan," tambahnya.

Terkait tindakan hukum dan pemerintahan, Iwa menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut pada pihak berwenang, adapun penunjukan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi mengikuti aturan perundangan-undangan.

"Mengenai proses hukum, kita serahkan kepada yang berwenang. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kalau kita sudah mendapat informasi yang jelas, maka (penunjukan pelaksana tugas bupati) mengikuti ketentuan yang berlaku di UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," jelasnya.

Iwa juga mengimbau agar semua ASN di Jawa Barat dapate mgambil hikmah dari peristiwa ini agar tidak kembali terulang di daerah lain.

"Supaya di Jawa Barat ini cukup di Jabupaten Bekasi saja. Tidak terulang di kabupaten lain," tandasnya. (Tito)

Berita Terkait