Terkait Corona, Oded Minta Tim Pantau Warga Hingga Tingkat RT/RW



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta agar tim pencegahan virus corona yang sudah dibentuk untuk memantau warga Kota Bandung yang memiliki riwayat berpergian dari luar negeri. Ia berharap tim bisa memantau di tingkat kewilayahan RT dan RW.

"Kita berharap ada tim satgas memperhatikan dan mengevaluasi warga Bandung yang baru pulang dari luar negeri, tim ini juga diketuai oleh Asisten III Setda Pemkot Bandung,"ucapnya di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Rabu (4/3/2020).

Oded mengatakan, tim tidak hanya dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) akan tetapi melibatkan Babinsa, Babhinkamtibmas, Kapolsek dan Danramil. Mereka diharapkan bisa memiliki kesiapan antisipasi terhadap penyebaran corona.

Menurutnya, tim satgas akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan merespon terhadap laporan dari masyarakat. Ia pun meminta agar warga yang baru pulang dari luar negeri dan mengalami gejala demam, batuk dan sesak untuk segera melapor.

Oded pun mengingatkan kepada warga Bandung untuk tetap tenang dan tidak panik. Menurutnya, keberadaan tim satgas diharapkan bisa meminimalisir dan mencegah penyebaran virus corona tersebut.

"Jangan panik dan Insya Allah tim satgas ini sudah dibentuk sampai tingkat kewilayahan agar bisa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat supaya tidak panik," katanya.

Selain itu pihaknya mengimbau kepada pengusaha agar tidak menimbun masker yang sedang dibutuhkan masyarakat atau menjual dengan harga mahal serta dijual ke luar daerah. Menurutnya, pihaknya sudah memantau kondisi dilapangan tentang keberadaan masker.

"Tadi pagi sudah sidak langsung ke pasar-pasar termasuk ke pasar ritel ternyata betul kondisinya seperti itu (kosong). Kepada para ritel dan pengusaha jangan ada yang bermain atau menimbun," katanya.

(Mugni)

Berita Terkait