Terkait Berita Ribuan Surat Suara Hilang, Ini Penjelasan KPU Cirebon



Cirebon, Beritainspiratif.com - Ketua KPU Kabupaten Cirebon menyatakan tidak ada surat suara yang hilang. Terkait berita adanya 2.467 surat suara yang dinyatakan hilang saat akan didistribusikan ke Desa Danamulya Kecamatan Plumbon pada Rabu 27 Juni lalu hanyalah kesalahan administrasi pendistribusian.

Ia menjelaskan hal tersebut diketahui setelah KPU dan Polres Cirebon melakukan investigasi secara bersama-sama terhadap informasi adanya 2.467 surat suara yang diinformasikan hilang tersebut.

" Setelah kami (KPU Cirebon) bersama Polres Cirebon melakukan investigasi akhirnya diketahui tidak ada surat suara yang hilang. Yang ada hanyalah kesalahan administrasi, human error sehingga surat suara untuk Desa Danamulya tidak sampai pada tempatnya," katanya dalam jumpa pers yang digelar di Kantor KPU Kabupaten Cirebon, Kamis malam (28/6).

Lanjutnya, kejadian ini akan menjadi bahan evaluasi KPU Kabupaten Cirebon terkait dengan SOP dan tata kerja personil KPU Kabupaten Cirebon.

Atas kejadian ini, pihaknya selaku penyelenggara Pilkada di Kabupaten Cirebon meminta maaf atas kesalahan administrasi ini sehingga sejumlah surat suara tersebut tidak sampai pada tempatnya.

" Tentu ini membuat suasana menjadi tidak nyaman bagi kita semua dan atas nama institusi penyelenggara Pilkada di Kabupaten Cirebon kami memohon maaf atas peristiwa ini," ucapnya.

Hadir dalam konfrensi pers tersebut, Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, Dandim 0620 Kabupaten Cirebon Letkol Inf Irwan Budiana, Plt Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina.

Sebelumnya sebanyak 2.467 surat suara untuk Pemilihan Bupati diberitakan hilang saat akan didistribusikan ke enam tps di Desa Danamulya, Kabupaten Cirebon pada Rabu 27 Juni 2018 pagi. KPU akhirnya mengganti surat suara yang dinyatakan hilang tersebut dengan surat suara cadangan sehingga pemilih di enam TPS di Desa Danamulya bisa mencoblos. (YoC)

Berita Terkait