Terdampak Kekeringan, 3.000 Hektare Lahan Rusak, Hingga Alami Puso



Bandung, Beritainspiratif.com - Sejumlah daerah di Jawa Barat mengalami kekeringan akibat kemarau yang berkepanjangan. Total ada sekitar 3000 hektare lebih lahan rusak akibat bencana kekeringan, di Jawa Barat. Indramayu menjadi wilayah paling parah terdampak kekeringan. Hal itu dikatakan Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa selepas mengikuti Solat Istisqa, di Lapangan Gasibu, Selasa (16/10/2018).

"Di Jawa  Barat ada tiga ribu-an hektare lebih yang mengalami kekeringan, bahkan terjadi puso (tanaman tidak membuahkan hasil karena gangguan iklim atau bencana alam)," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya penanggulangan, "Ada beberapa wilayah yang puso sama sama sekali, adapula wilayah yang masih bisa dilakukan beberapa tindakan," ungkapnya

Lebih lanjut Iwa menjelaskan, tindakan untuk menanggulangi kekeringan tersebut adalah pertama, menarik air sungai ke atas, untuk mendapatkan pengairan.

Kedua, mencoba agar pihak PSDA beserta jajarannya memaksimalkan jaringan irigasi, baik irigasi tersier, sekunder dan irigasi sampai kesesatan sampai ke sawah. "Itu juga perlu dilakukan supaya (pasokan air) lancar," jelasnya.

Metode yang ketiga, dikatakan Iwa adalah, masyarakat perlu bijak membagi penggunaan air. "Itu mungkin langkah yang jangka pendek yang bisa dilakukan," tandasnya.    (Tito).

Berita Terkait