Terbitkan KIA Terbanyak Kabupaten Grobogan Catatkan Rekor MURI

Beritainspiratif.com – KIA atau Kartu Identitas Anak adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah usia 17 tahun dan memiliki kegunaan yang sama dengan KTP bagi orang dewasa.

Pemerintah Kabupaten Grobogan Jawa Tengah setelah tujuh kali, kini kembali mencatatkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) setelah memecahkan rekor Penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) Terbanyak dengan jumlah 46.063 keping di mana rekor sebelumnya dipegang oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan jumlah 10.169 keping KIA.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyatakan Kabupaten Grobogan menorehkan catatan baru dalam sejarah bangsa dengan memecahkan rekor Muri penyerahan KIA terbanyak se-Indonesia.

“KIA yang akan diserahkan hari ini sebanyak 46.063 keping. Dengan jumlah ini, kepemilikan KIA di Grobogan sebanyak 230.151 keping,” kata Sri Sumarni sebelum menerima penghargaan dari Muri di Alun-alun Kabupaten Grobogan, Rabu (29/1/2020) yang dilansir Gesuri.id.

Sri Sumarni menjelaskan bahwa kepemilikan KIA penting bagi anak untuk melindungi pemenuhan hak anak dan menjamin akses ke sarana umum serta mendapatkan akses dalam layanan publik.

“KIA ini bisa untuk akses layanan kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. Manfaat langsung bagi anak adalah mendapatkan diskon di 12 tempat seperti rumah makan, mall, tempat bermain dan kolam renang,” jelasnya.

Kepemilikan KIA ini juga memiliki keuntungan untuk mencegah tindakan melawan hukum seperti perdagangan anak, penculikan, bahkan kekerasan terhadap anak. Dapat juga sebagai sarana untuk mengungkap apabila tindakan-tindakan tersebut terjadi.

Senior Manager Muri Sri Widiati, menambahkan bahwa rekor untuk penyerahan KIA terbanyak sebelumnya tercatat atas nama Pemkab Bantul saat menyerahkan 10.169 keping KIA pada Oktober 2019. Rekor Penyerahan KIA terbanyak yang ditorehkan oleh Kabupaten Grobogan itu tercatat sebagai penghargaan rekor Muri ke-9.411.

Penghargaan Rekor Muri yang pernah diterima Kabupaten Grobogan  sebelumnya adalah :

  1. Festival Tayub Terlama,
  2. Bakar Jagung Terbanyak,
  3. Permainan Tradisional dengan Jenis Terbanyak,
  4. Rangkaian tongkol jagung terpanjang,
  5. Pembuatan Mi jagung dengan varian pewarna alami terbanyak,
  6. Touring serempak dengan jumlah jenis kendaraan terbanyak,
  7. Pembuatan tempe terbesar pada tahun 2017.

(***)

Bagikan: