Temui Walikota Bandung, Gojek Akan Beroperasi Kembali Setelah Penuhi Ini



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, pemberian izin operasional untuk Ojek Online (Ojol) tergantung kesiapan operator. Selama operator bisa memberikan jaminan melaksanakan protokol kesehatan, maka Pemkot Bandung akan mengizinkannya.

“Kebijakan kami di Kota Bandung ketika ada komunitas atau pengusaha yang ingin melakukan kelancaran usahanya lagi, saya meminta mereka untuk mengajukan usulan untuk mengaktifkan kegiatan,” ucap Oded usai menerima audiensi Gojek di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu (1/7/2020). 

Baca Juga:Pengoperasian-moda-transportasi-publik-di-masa-pandemi-harus-dikelola-dengan-baik

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi oleh perusahaan tersebut agar diberikan izin untuk kembali beroperasi. Mereka harus taat menjalankan protokol kesehatan.

“Barusan sudah saya arahkan agar mereka secepatnya mengusulkan. Selain itu, ada komitmen menandatangani dan siap melakukan protokol kesehatan dengan baik dan benar,” jelasnya.

Selain itu, soal kapan bisa beroperasi, Oded tidak mematok waktu. Ia usulkan secepatnya bahkan lebih baik agar kembali menarik penumpang. 

“Waktunya itu secepatnya saja, tergantung kesiapannya saja. Itu natural,” ungkap Oded. 

Baca Juga:Pembangunan-flyover-jalan-jakarta-dan-laswi-dimulai-lagi-target-desember-selesai

Sementara itu Vice Presiden regional Jabar, Akbar Becqui menjelaskan, sebelum melayani penumpang di masa AKB, Gojek akan segera melayangkan surat kesepakatan penerapan protokol kesehatan kepada Pemkot Bandung.

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan beberapa hal termasuk menyediakan perlengkapan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Ia mengatakan, di Bandung pihaknya telah menyiapkan Posko Aman Bersama Gojek. Dimana posko tersebut disediakan untuk mengecek standar protokol kesehatan bagi mitra gojek.

"Jadi kita melakukan pemanggilan rutin pada mitra roda dua dan empat untuk datang kemudian kita lakukan penyemprotan disinfektan, pembersihan kendaraan baik roda dua atau empat, pengecekan suhu tubuh, kemudian juga pembagian masker dan hand sanitizer,"ungkapnya.

Baca Juga:Pemkot-bandung-sarankan-pengemudi-ojol-miliki-surat-keterangan-bebas-covid-19

Lebih lanjut Akbar mengatakan, ketika mitra sudah lakukan pengecekan, maka di Aplikasi akan muncul keterangan bahwa mitra Gojek sudah memenuhi protokol kesehatan.

"Kalau misalkan ternyata suhu tubuhnya di atas normal kami juga berkerjasama dengan layanan aplikasi Hallo Dok, kita lakukan monitoring secara ketat. Kemudian jika ada indikasi terpapar Covid-19 kita ada proses lanjutannya berupa membekukan akunnya sementara kemudian kita berikan santunan untuk membantu mitra berobat sampai sembuh, kalau sudah pulih baru akunnya kita aktifkan lagi itu dari posko aman bersama gojek,"jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait