Telaga Nilem, Tak Surut Walau Kemarau



Bandung, Beritainspiratif.com -

Bagi anda yang hendak berlibur di Jawa Barat, ada salah satu destinasi wisata air yang terbilang baru dan unik, yakni Telaga Nilem. Terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Telaga Nilem merupakan objek wisata berupa kolam renang dengan air yang sangat jernih bahkan dasar kolam bisa langsung terlihat. Hal tersebut diungkapkan Staf Operasional Objek Wisata Telaga Nilem, Nana Suparna, saat di temui di lokasi, Minggu (14/10/2018).

 

Menurut penuturan Nanang, pengunjung bisa bebas berenang di jernihnya air Talaga Nilem, lantaran masih terjaganya ekosistem bawah air telaga tersebut.

"Di dalam itu masih banyak ganggang, ikan, lumut dan tumbuhan serta hewan air lainya sehingga mereka ini bekerja memakan kotoran yang ada sehingga air tetap jernih," jelasnya.

Tak hanya itu, Nana juga menjelaskan keunikan lainya. Kata Nana, telaga ini tidak pernah mengalami surut meskipun sedang terjadi kemarau panjang

"Setahu saya selama ini Telaga Nilem tidak pernah surut parah walau dilanda kekeringan hebat, sekarang ini kemarau panjang kan tapi permukaan airnya hanya setinggi 12 Cm," jelasnya.

Selain Telaga Nilem, ada pula Telaga Remis, lokasinya masih berdampingan, namun Telaga Remis tidak bisa di gunakan untuk berenang karena ada tumbuhan dan ganggang yang menyebabkan gatal pada kulit, oleh karenanya tiket masuknya pun berbeda.

Harga tiket Telaga Nilem Rp 15.000 setiap hari, sedangkan Telaga Remis Rp 10.000 kecuali Sabtu-Minggu menjadi 12.500.

Dengan harga tersebut anda bisa menikmati suasana alam yang asri dan uniknya pemandangan bawah air, tersedia pula jogging track, spot swafoto, dan fasilitas lainya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Telaga Nilem, bila datang dari arah Bandung, menggunakan kendaraan pribadi, bisa menuju arah Majalengka, kemudian arah Raja Galuh, lalu anda akan menemui bundaran dan belokan menuju Cikapayang.

Moda transportasi umum juga bisa dijadikan alternatif, jika Anda berangkat dari Bandara Kertajati dengan menggunakan elf atau bus  bisa menuju arah Palimanan, kemudian menuju arah Bantarujeg, lalu menuju Kaduela. Untuk kemudahan akses, anda bisa juga menggunakan transportasi online yang sudah tersedia. (Tito)

Berita Terkait