Tekan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika, BNN Kota Bandung Lakukan Sinergi Berbagai Instansi



Bandung, Beritainspiratif.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung menggelar kegiatan asistensi penguatan relawan narkoba dalam menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (BERSINAR)di Gedung Graha Bhayangkari Jalan Cicendo nomor 29 kota Bandung, Rabu (28/11/2018)

Pantauan di lokasi acara tersebut dihadiri Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah, Kepala Puskesmas se-Kota Bandung dan kegiatan ini dibuka oleh Kepala BNN Republik Indonesia Komjen Pol Heru Winarko serta dihadiri Pangdam 3 Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto serta Mepala BNN Provinsi Jawa Barat Brigjen Pol Sufyan Syarif, Walikota Bandung, Oded M Danial.

Dalam pidatonya, Walikota Bandung Oded M. Danial mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan tidak sekedar seremonial tetapi menjadi kesempatan untuk sama-sama meningkatkan kesadaran menyeluruh dalam upaya penanggulangan narkoba di Kota Bandung.

[caption id="attachment_26081" align="aligncenter" width="640"] Walikota Bandung, Oded M Danial[/caption]

Menurutnya, sejak tahun 2015 Indonesia dinyatakan sebagai negara darurat narkoba dari angka 34,7 juta jiwa pengguna narkotika di Indonesia, 2,45 persennya ada di Jawa Barat, yakni sekitar 850.000 jiwa.

"Adapun di Kota Bandung berdasarkan data BNN Kota Bandung 2016 ada 1,49% pengguna yang berusia 17 tahun keatas terdiri dari pengguna yang mencoba, pakai teratur dan pakai hingga level kecanduan," ungkapnya.

Mang Oded, biasa ia akrab disapa, juga mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang Kelurahan pasal 25 ayat 1 dan 3, huruf D menyatakan bahwa perangkat kecamatan mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penyelenggaraan pemerintah di wilayah kecamatan yang bertugas memelihara ketentraman dan ketertiban umum.

"Saya berharap kepada peserta yang hadir di sini, mayoritas adalah garda terdepan pemerintah dalam melayani warga, agar bisa berkolaborasi dalam pengentasan peredaran narkoba di Kota Bandung, dengan bersinergi maka Insyaallah peredaran di Kota Bandung dapat ditekan," pungkasnya.        (Tito)

Berita Terkait