Tekan Angka Pengangguran, Pemda Kota Cirebon Luncurkan Aplikasi LUNGA

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga untuk memudahkan pencari kerja mengakses lowongan kerja. Peluncuran dilaksanakan di Kantor Disnaker Kota Cirebon, Rabu 11 Juli 2018.

Aplikasi Cirebon Lunga secara arti dalam Bahasa Cirebon artinya pergi (Lunga) akan tetapi dalam aplikasi ini memiliki kepanjangan Luru Lowongan Kerja (mencari lowongan kerja/Lunga) yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan penyedia kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan saat ini baru ada 7 perusahaan yang ikut menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dari 62 perusahaan yang sudah ditawarkan akan tetapi masih terkendala persyaratan.

Dia menuturkan total perusahaan di Kota Cirebon mencapai 1.400 perusahaan, akan tetapi perusahaan kelas sedang dan besar berjumlah sekitar 200 perusahaan.

“Kami akan fokus menggarap perusahaan sedang-besar terlebih dulu mengingat serapan tenaga kerjanya cukup besar,” katanya.

Agus mengungkapkan perusahaan diwajibkan melengkapi sejumlah syarat terlebih dulu sebelum melakukan kerjasama dengan Pemda sesuai aturan yang berlaku misalnya surat kuasa dari perusahaan pusat dan struktur personalia perusahaan.

“Inti dari MoU yang dilakukan Disnaker Kota Cirebon dan dunia usaha adalah soal database,” ujarnya.

Agus menambahkan perusahaan yang telah bekerjasama nantinya menyampaikan berbagai macam data yang diperlukan seperti komposisi personalia, data pekerja, struktur pengupahan, pemberian asuransinya dan lain-lain.

“Adapun pencari kerja warga Kota Cirebon yang telah masuk ke aplikasi mencapai 17.000, lengkap dengan nama, alamat dan kualifikasi masing-masing,” tambahnya.

Informasi ketersediaan pekerjaan di aplikasi Cirebon Lunga bisa diakses oleh seluruh masyarakat akan tetapi untuk proses melamar kerja secara online hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang ber-KTP Kota Cirebon, sehingga warga luar Kota Cirebon hanya bisa melamar ke perusahaan secara offline.

Selain meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga, kata Agus, Disnaker Kota Cirebon juga intens melakukan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Kota Cirebon agar ketika diserap perusahaan, mereka telah memiliki kemampuan yang cukup.

Pada saat yang sama, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemda Kota Cirebon, Agus Mulyadi menyatakan kepada perusahaan agar lebih memprioritaskan calon tenaga kerja yang berasal dari Kota Cirebon.

“Harapannya perusahaan lain di Kota Cirebon juga ikut bekerjasama dengan Pemda agar bisa menekan angka pengangguran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan, Kementerian Tenaga Kerja, Muhammad Adenin mengungkapkan sejak tahun 2017 lalu Kementerian Tenaga Kerja telah melaksanakan program pelatihan yang pesertanya disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang ada di daerah.

“Program pelatihan ini sama yang telah dilaksanakan di Kota Cirebon, secara nasional kami telah melatih sekitar 5.000 orang,” tuturnya.

YoC

Bagikan: