Teh Jawa Barat Harus Mendunia, Gubernur Siap Bantu Pasarkan



Bandung,Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak petani dan asosiasi teh berkomitmen bahwa teh Jawa Barat harus mendunia. Untuk itu, ia siap membantu pemasarannya ke luar negeri. Bahkan tahun ini Jawa Barat akan membuka cafe di Melbourne, menjual minuman kopi dan teh.

"Komit teh Jawa Barat harus mendunia. Pak Gub akan didepan sebagai salesnya, bantu jualan. Beri saya pengetahuan tentang teh," kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil ketika membuka West Java Tea Festival 2019 di Gedung Sate kota Bandung, Jumat (2/8/2019).

Menurut Emil trend komoditas teh di Eropa saat ini sedang naik, tapi Indonesia belum mengoptimalkan peluang pasar di negara-negara tersebut.

"Ternyata teh Jawa Barat (white tea) pada segmen tertentu di Eropa, dihargai mahal sekali $60 per kilogram atau setara Rp800.000. Sementara disini dijual rendah," ujarnya.

Emil menuturkan komoditas teh Jawa Barat memiliki potensi besar untuk dipasarkan, sama halnya seperti kopi.
Namun untuk itu pemilik usaha teh harus mau berinvestasi, meng-hire tenaga konsultan marketing dan konsultan branding.

"Petani dan asosiasi teh harus berkumpul, sepakat menyediakan dana bersama untuk promosi dan membuat teh jadi branding," ucapnya.

West Java Bandung Tea Festival 2019, diselenggarakan sebagai ajang dan mengedukasi manfaat minum teh sebagai minuman menyehatkan.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Dody Firman Nugraha, kegiatan dua hari ini diisi dengan pameran produk teh dan turunannya, lomba memasak berbahan baku teh, lomba menggambar bernuansa teh dan talkshow.

Peserta pameran terdiri atas kelompok tani dari 14 kabupaten penghasil teh di Jawa Barat, asosiasi teh, gabungan pengusaha perkebunan dan pusat penelitian teh & kina Gambung. (Ida)

Berita Terkait