Tarawih Akbar Momentum Jadi Ajang Silahturahmi Dan Momentum Persatuan Umat Islam



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pemprof DKI Jakarta menggelar salat tarawih akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam.

Sejumlah tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, dan Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, turut menghadiri tarawih akbar tersebut.

Anies mengatakan, tarawih akbar tersebut juga dihadiri oleh sekira 250 ulama. Mereka berkumpul untuk melaksanakan tarawih bersama serta menjadi ajang silaturahmi antar umat muslim di Indonesia khususnya di Jakarta.

"Jadi tadi berkumpul lebih mungkin 200 - 250 dari para ulama yang sama-sama tadi," kata Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018) lansir Galamedianews.com.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menambahkan, pihaknya turut mengundang Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), serta pejabat Kakanwil Kemenag DKI.

"Tadi ada Ketua MUI DKI, Ketua PMI DKI, Kakanwil Kementeriaan Agama DKI, kemudian tokoh-tokoh ulama dari berbagai wilayah di DKI," terangnya.

Anies berharap tarawih akbar yang baru digelar pertama kali di Ibu Kota ini dapat digelar setiap tahunnya.‎

"Nah kegiatan ini baru tahun pertama, karena itu kita mensosialisasikan bertahap dan Insya Allah kita akan lakukan ini setiap tahun dan memilihnya memang hari sabtu karena libur," jelasnya.

Menurut Anies, tarawih akbar sengaja dipilih pada hari sabtu pekan kedua bulan Ramadan. Sebab, tarawih ini untuk menjadi momentum mengumpulkan semua umat muslim.

"Dari tarawih akbar ini kita berharap baik para ulama maupun umat semuanya berkumpul bersama merasakan silaturahmi bertemu semuanya, karena selama bulan ramadan di Jakarta itu seluruh kegiatan di masjid sangat ramai," pungkasnya.

(Kaka)

Foto: Antara

Berita Terkait