Tanpa Bunga & Agunan, "Kredit Mesra" Dikucurkan Melalui Rumah Ibadah



Bogor, Beritainspiratif.com - Untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat Jawa Barat terhadap akses permodalan, Pemprov Jawa Barat meluncurkan program kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Pinjaman ini diberikan tanpa bunga dan tanpa agunan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, program bjb Mesra ini sengaja dilakukan di tempat ibadah. Selain untuk meningkatkan keimanan umat, hal ini juga sebagai upaya pemerintah untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pembiayaan mikro.

Masyarakat cukup datang ke masjid atau tempat ibadah terdekat.

"Kenapa di rumah ibadah? Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama dan yang namanya rumah ibadah itu ada di mana-mana," ujar Ridwan Kamil saat meresmikan program kredit Mesra hasil kerjasama dengan Bank bjb di Masjid Jami Al Hikmah, Jalan Raya Leuwiliang, Kampung Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Selasa (26/11/18).

Dikatakan Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, hingga saat ini program Mesra telah memberikan akses pinjaman kepada 78 orang dengan total penyaluran mencapai Rp150 juta lebih. Mereka berasal dari enam lokasi, yakni satu kelenteng dan lima masjid yang ada di Kabupaten Bogor.

Kredit Mesra ini tidak hanya akan disalurkan melalui masjid saja, namun juga rumah ibadah atau komunitas agama lainnya, seperti di gereja, pura, vihara, dan kelenteng.

"Saya ini adalah pemimpin semua umat beragama, saya sudah disumpah menjaga Pancasila. Saya tidak akan membeda-bedakan agamanya apa. Gubernur Jawa Barat harus menolong semua rakyatnya," jelas Emil.

Untuk pelaksanaan Kredit Mesra akan dilakukan melalui kerjasama lembaga keagamaan terkait yang telah terdaftar di Dewan Lembaga Keagamaan. Pengurusnya juga harusi aktif dan telah menjadi agen Laku Pandai.

Pinjaman dengan plafond Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta ini, diberikan kepada perorangan berbentuk kelompok dengan pola tanggung renteng, dalam kelompok berjumlah minimal 5 orang dan maksimal 10 orang.

Direktur Utama Bank bjb Ahmad Irfan menjelaskan, bjb Mesra berbeda dengan jenis pinjaman lainnya.

"Program ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial di masyarakat khususnya daerah yang minim akan akses pembiayaan, sehingga terjerat pinjaman informal dengan bunga yang sangat tinggi," katanya.

Melalui program ini, bjb juga akan memberikan fasilitas pelatihan dan pembinaan keuangan mikro kepada masyarakat, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Mesra.

Pinjaman pun tidak dikenakan beban bunga dan tanpa agunan, hanya dikenakan biaya administrasi yang ringan dengan jangka waktu maksimal 12 bulan.     (Ida)

Berita Terkait