Tangkuban Perahu dan Asal Mula Nama Kota Bandung



Beritainspiratif.com - Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat. Mengapa kota tersebut dinamakan Bandung? Berikut beberapa pendapat mengenai asal usul nama tersebut.

Nama Bandung berasal dari kata “bendung” atau “bendungan”. Dahulu kala, Sungai Citarum terbendung oleh lava yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Akibatnya, daerah antara Padalarang hingga Cicalengka (± 30 kilometer) dan daerah antara Gunung Tangkuban Parahu hingga Soreang (± 50 kilometer) terendam air dan menjadi sebuah telaga besar yang kemudian dikenal dengan sebutan “Danau Bandung” atau “Danau Bandung Purba”.

Menurut penelitian, Danau Bandung lama-kelamaan surut. Di bekas daerah danau tersebut, berdirilah pemerintahan kabupaten Bandung. Jadi, secara historis asal-muasal nama Bandung itu berasal dari Danau Bandung.

Pendapat lain mengatakan bahwa kata Bandung berasal dari nama sebuah kendaraan air yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II. Kendaraan tersebut terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung. Saat itu, R.A. Wiranatakusumah II melayari Citarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

“Catatan dari Cerita Rakyat Bandung : Asal Usul Nama Bandung adalah Bandung merupakan tempat penyelenggaraan KTT ASIA AFRIKA untuk pertama kali pada Tanggal 18 April 1955.” (YANIS)

Sumber : Diskominfo – PPID -Kumpulan Dongeng Sunda – Cerita Rakyat Bandung

Berita Terkait