Tanggul Jebol, Banjir Hingga Setinggi 180 Cm Landa Perumahan Cimareme di Bandung Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Bencana banjir melanda komplek Perumahan Cimareme Indah, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (31/12/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyebutkan, banjir tersebut, disebabkan oleh jebolnya tanggul sungai akibat tak mampu menahan debit air, setelah intensitas hujan tinggi di wilayah tersebut, demikian diungkap Siaran Pers BNPB | SP.90/BNPB/12/2019 | 31 Desember 2019

"Banjir dengan tinggi muka air (TMA) sekitar 70-180 sentimeter itu, menggenangi sedikitnya 133 KK di RT 04 RW 03 dan 15 unit rumah milik 18 KK di RT 04 RW 04,' kata Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

video detik detik Banjir di Cimareme:

https://youtu.be/195hajdQ5dU

Sementara tim dari BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung Barat telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan assesment dan mengevakuasi warga terdampak ke dua titik pengungsian, yakni di Masjid At-Tin dan Masjid Al-ikhlas.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan tentang korban jiwa dan petugas gabungan masih melakukan proses pendataan warga terdampak maupun jumlah kerugian atas peristiwa tersebut.

(Ida)

Berita Terkait