Tanggal 23 September, Yogyakarta Gelar Festival Bregada Nusantara 2018



Yogyakarta, Beritainspiratif.com – Event unik guna menarik wisatawan domestik maupun asing akan digelar di Yogyakarta. Acara yang dikemas dalam bentuk Ajang festival dan lomba ini bertujuan mengenalkan bregada kepada siswa SMA/SMK sederajat se-DIY.

Acara nantinya akan berlangsung di Jalan Malioboro, Yogyakarta, dengan nama acara “Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018” dan diprakarsai oleh Keluarga Besar Alumni (KBA) SMA Negeri 3 Yogyakarta (Padmanaba).

"Acara ini merupakan festival dan lomba kreasi kostum dan gerak Prajurit Keraton Nusantara," kata Ketua Umum KBA Padmanaba, Hendri Saparini, Selasa (18/9/2018), kutip dari laman SMA 3 Yogyakarta.

Selain itu, Kita juga ingin mendorong siswa SMA untuk cinta dan ikut melestarikan budaya bangsa dengan mengasah inovasi dan kreativitas di bidang gerak dan tata busana, jelas Hendri yang juga Komisaris Utama PT Telkom Indonesia.

Acara ini bertemakan 'Nyawiji Nguri-uri Makmuring Negeri', Padmanaba FBN 2018 akan digelar pada hari Minggu (23/8/2018) pukul 07.00 WIB. Nantinya peserta akan menampilkan perpaduan seni, gerak prajurit keraton dan kreasi kostum dengan menempuh rute Taman Parkir Abu Bakar Ali-Malioboro-Benteng Vredeburg.

Ketua Umum Padmanaba FBN 2018 Ema Widiastuti menambahkan, dipilihnya festival bregada karena Bregada salah satu ikon Keraton Yogyakarta, yakni prajurit memakai pakaian berwarna-warni, kaya akan corak, serta filosofi di balik setiap desain dan detailnya.

"Padmanaba ingin mewadahi kreativitas generasi muda berkaitan dengan baris-berbaris dan tata busana, juga mengadaptasi dan melestarikan Bregada sebagai bagian dari budaya Jawa untuk diteruskan ke generasi muda. Tradisi Keraton Yogyakarta harus dilestarikan terutama untuk anak muda milenial. Jangan sampai mereka lupa akan akar budayanya," ujar Ema.  (Yanis)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta