Tampil dengan Tari Janger Bali, Tim Kesenian SMA 28 Jakarta Raih Juara I Folklore Festival di Amsterdam



Jakarta, Beritainspiratif.com - Tim Kesenian SMA 28 Jakarta berhasil raih juara 1, dalam event International Folklore Festival in Amsterdam 2019 yang diselenggarakan oleh European Association of Folklore Festivals (EAFF) di Podium Mozaiek, Amsterdam Belanda, 7 hingga 10 Maret 2019 lalu.

Tari Janger Bali yang ditampilkan Indonesia, berhasil mengalahkan 75 peserta dari 15 negara yang ikut serta dalam lomba tersebut diantaranya Amerika Serikat, Jerman, Israel, Malaysia, Russia, Romania, Croatia, France, Serbia, Greece, Bulgaria, Lithuania, Turkey, Macedonia dan Georgia.

Sebelum tampil, duta budaya Indonesia ini, diterima secara khusus oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag dan dijamu makan malam bersama perwakilan dari dubes Ri di Belanda, ungkap tribunnews.

Ketua Folklore SMAN 28, Dinda Mauritsa Dina Hag, mengaku sangat gembira bisa menjadi misi budaya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

"Senang sekali bisa menjadi yang terbaik. Piala, tropi dan piagam saya persembahkan untuk Indonesia," kata Dinda dalam keterangan pers, Rabu (12/3/2019).

Ia berharap, kedepannya Indonesia bisa terus berpartisipasi dalam misi budaya dan bisa mengangkat negara Indonesia mendunia.

"Kedepan semoga bisa lebih baik lagi," tambah siswa kelas 11 tersebut.

Menurutnya, tari Janger Bali ditampilkan karena mengandung pesan tentang pemuda pemudi yang bersemangat dan ceria untuk membangun negara.

Tim Folklore menyampaikan terimakasih kepada sekolah, para orang tua dan negara yang telah memberikan suport luar biasa dalam event tersebut.

Sebelumnya SMAN 28 Jakarta telah meraih Grand Prix dalam Sea Sun Festival, Lloret De Mar, Spanyol (2016) dengan tarian sancang Gugat dari Jawa Barat, Meraih Grand Prix dalam World cup of Folklore, Bulgaria (2017) dengan tarian Enggang Babalian dari Kalimantan dan Meraih Medali silver dalam Sea Sun Festival, Lloret De Mar Spanyol (2016) dengan tarian Arronawa dari Papua.

(Yanis)

Berita Terkait