Tak Meraih Penghargaan Adipura, Begini Ungkapan Walikota Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Walikota Bandung, Oded M. Danial mengaku tidak kecewa kota yang dipimpin yaitu Kota Bandung tidak meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Justru hal itu harus menjadi pelecut semangat untuk membangun Kota Bandung jadi lebih baik lagi. 

“Tidak perlu kecewa, untuk apa kecewa. Justru harus membuat kita lebih bersemangat lagi dalam membuat Kota Bandung semakin lebih baik dalam pengelolaan lingkungan,” ujar Oded di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Rabu (16/1/2019).

Dari beberapa penilaian berdasarkan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup dan tim Satgas Adipura, ada beberapa hal yang paling krusial yang membuat Kota Bandung tidak mendapat penghargaan Adipura. Salah satunya urusan TPA Sarimukti.

“Di Bandung Raya pun tidak ada yang dapat. Di Provinsi Jawa Barat juga Cuma ada empat yaitu Banjar, Ciamis, Indramayu dan Kota Sukabumi,”ucapnya.

Karena penuntasan TPA Srimukti berada di level regional, Oded mengaku siap untuk berkoordinasi dengan kabupaten/kota lain termasuk dengan provinsi untuk menuntaskan TPA tersebut.

“Tahun lalu juga (Sarimukti) bermasalah. Kalau memang aturannya seperti itu, saya tidak mau intervensi, kami terima saja. Sering Mang Oded sampaikan bahwa yang namanya penghargaan itu bukan tujuan utama,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Bandung pun akan terus gencar menjalankan program untuk menciptakan lingkungan lebih bersih, salah satunya melalui Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan). 

“Termasuk semangat mendukung program Citarum Harum yang sudah menjadi kewajiban kita,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait