Tahun 2019 Pemkot Bandung Buka 868 Formasi CPNS, 70 Persen Untuk Guru

Bandung,Beritainspiratif.com – Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyebutkan, tahun 2019 Kota Bandung mendapat jatah sebanyak 868 kursi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Angka tersebut terbagi-bagi ke dalam beberapa formasi posisi.

” Tahun ini kita hanya di setujui sebanyak 868 untuk berbagai posisi 70 persen Guru 17 persen tenaga kesehatan, seperti dokter spesialis, gigi, tenaga perawat. 15 persen untuk tenaga teknis, dan 2 persen untuk disabilitas,”ucapnya di Taman Sejarah Jalan Aceh Kota Bandung, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, seluruh persyaratan dan formasi posisi yang dibutuhkan pada seleksi CPNS untuk Kota Bandung akan resmi diumumkan pada 11 November mendatang.

“Jarak pendaftaran dengan pengumuman sangat lama pendaftaran dibuka 11 November, sedangkan pengumuman kekulusan Mei 2020. Sebenarnya itu kebijakan pemerintah pusat, tapi saya kira itu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengumpulkan persyaratan,”jelasnya.

Pihaknya memprediksikan bakal ada 20.000 peserta menurut pengalaman tahun 2018 dengan itu harus mempersiapkan perlengkapan tes sesuai estimasi peserta.

“Artinya kita harus menyiapkan komputer sekian, tempat sekian, jaringan, meja sekian dan lain-lain, dan itu harus selesai dalam waktu 21 hari,”ucapnya

Terkait soal anggaran, pihaknya mengatakan, tahun 2018 biaya dianggarkan dari pemerintah pusat, untuk tahun 2019 ini biaya di anggarkan dari pemerintah daerah sebesar 6,8 Miliar.

“Tahun sebelumnya biaya dianggarkan dari pemerintah pusat, namun sekarang dari pemerintah daerah, kita anggarkan 6,8 Miliar,”katanya.

Yayan menghimbau untuk tidak percaya dengan informasi yang tidak resmi dari pemerintah tentang pemalsuan Surat Keputusan (SK), dimana sekarang, menurutnya sangat mudah merekayasa surat menyurat.

“Bahkan tahun kemaren ada kasus pemalsuan SK yang sudah jadi, yang lapor ke saya ada 5 orang, bahkan banyak modus-modus baru, tapi oknumnya dilakukan Non PNS,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan untuk untuk para calon seleksi CPNS bisa dilihat langsung situs resmi ssc.asn.co.id, menpan.co.id, bkn.co.id, Bandung.co.id, bkpp.bdg.co.id , selain daripada itu, tidak menjamin keasliannya. (Mugni)

Bagikan: