Tahun 2019 Pemerintah Akan Produksi 60 Ribu Motor Listrik Gesits



Semarang, Beritainspiratif.com – Menristekdikti, M Nasir mengungkapkan bahwa pemerintah akan menginstruksikan instasi pemerintah untuk menggunakan sepeda motor listrik buatan dalam negeri.

Hal ini diungkapkan Nasir usai acara seminar pencapaian Kemenristekdikti dalam 4 tahun di Universitas Diponegoro Semarang.

"Motor itu rencananya akan mulai diproduksi tahun 2019 dengan kapasitas produksi 60 ribu unit per tahun, dan motor listrik bernama Gesits itu sudah dibahas bersama DPR kemarin," ungkap Nasir di Undip Semarang, Jumat (30/11/2018) yang dilansir detik.

Kemenristekdikti juga menggandeng KPK untuk mengawasi agar tidak menyalahi prosedur. Untuk tahun pertama, produksinya dilakukan 1 dari 4 line dengan kapasitas 60 ribu per tahun.

Motor listrik tersebut bagi Nasir merupakan inovasi dan riset yang diciptakan dari dunia pendidikan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Bahkan teknologinya cukup canggih.

"Spidometernya luar biasa, begitu motor berhenti bisa dikeluarkan sebagai smartphone, ini pertama kali di dunia," tandas Nasir.

"Baterai itu riset inovasi UNS yang lithium, spidometer inovasi ITB, motornya ITS Surabaya," imbuhnya.

(Yanis)

Berita Terkait